DIKTIS Seleksi 24 PTKI Sebagai Penyelenggara PPG




Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam telah menyelenggarakan penilaian presentasi program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung melalui jaringan virtual dan dilaksanakan pada kamis, (12/11/2020).

Kementerian agama sedang berusaha untuk menyelesaikan proses sertifikasi guru dalam jabatan di lingkungan madrasah yang masih tersisa banyak. Melalui proses yang saat ini tengah dijalankan mereka harus mengikuti tahapan uji kompetensi keguruan dan wawasan pedagogiknya sebelum mendapat sertifikat profesi guru. Saat ini total guru madrasah yang harus segera disertifikasi karena sudah memenuhi persyaratan untuk disertifikasi sebanyak 272.416 guru.

Senada seperti yang diungkapkan oleh Direktur DIKTIS, Kementerian Agama, Prof. Suyitno “melalui Prodi PPG proses sertifikasi akan lebih bermutu dan lebih kuat dari sisi legal formalnya seiring dengan terbitnya PMA no 17 tahun 2020.” Tuturnya.

Kasubdit Pengembangan Akademik, Mamat Burhanuddin juga menjelaskan, pada tahun ini ada sebanyak 24 program studi PPG yang diseleksi.

“Untuk membantu mempercepat proses sertifikasi guru madrasah yang lebih bermutu dan berkualitas tersebut Diktis menyeleksi 24 PTKI untuk dipercaya menyelenggarakan proses pendidikan profesi guru dalam dengan membuka Program Studi Profesi Guru.” Jelas Mamat.

Adapun kampus-kampus yang mengikuti seleksi prodi PPG tersebut adalah: UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UIN Malang, UIN Makassar, UIN Sumatera Utara, UIN Mataram, UIN Semarang, UIN Palembang, UIN Aceh, UIN Padang, UIN Bandung, IAIN Kediri, IAIN Surakarta, IAIN Jember, IAIN Gorontalo, IAIN Bukittinggi, IAIN Cirebon, IAIN Manado, IAIN Pekalongan, IAIN Ponorogo, IAIN Samarinda, IAIN Pontianak, IAIN Salatiga, dan IAIN Palu.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 17-11-2020 Jam: 17:37:22 | dilihat: 878 kali