International Lecture Series LP2M: Professor Universitas Melbourne Ungkap Strategi Penulisan Artikel Ilmiah

Pusat Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember telah melangsungkan International Lecturer Series (ILS), Selasa,15 Februari 2022.


(Professor Tim Lindsey dalam paparannya di forum International Lecturer Series (ILS))

Diktis, Jember - Pusat Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember telah melangsungkan International Lecturer Series (ILS), Selasa,15 Februari 2022.

Pada ILS perdana tersebut, hadir sebagai narasumber Professor Tim Lindsey dari University of Melbourne, Australia. Acara yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Penelitian LP2M Wildani Hefni berlangsung dengan penuh antusiasme dari peserta.

Professor Tim Lindsey dalam paparannya menjelaskan tentang strategi peningkatan publikasi ilmiah, termasuk strategi menembus jurnal internasional bereputasi. Dikatakan Tim Lindsey, publikasi ilmiah merupakan kunci pengakuan atau rekognisi internasional.

“Publikasi ilmiah merupakan kunci indikator peringkat universitas. Karena itu, performa publikasi ilmiah menjadi titik kunci dalam langkah akselarasi kemajuan”, terang Professor Lindsey. 

Menurut Lindsey, kualitas artikel jurnal sangat ditentukan oleh bangunan argumen yang disajikan. Penyajian argumen dapat dibangun dengan beberapa strategi, misalnya dengan penyajian empirical gap yang menunjukkan masalah untuk diselesaikan dalam konstruksi suatu artikel. “Argumen itu bukan sekedar klaim, tapi didasarkan pada data-data penelitian”, ungkap Professor Lindsey.

Professor Tim Lindsey juga memberikan penjelasan tentang “penyakit dasar” dari penulisan artikel jurnal yang sering dijumpai. Menurutnya, kelemahan dasar pada umumnya artikel adalah pengulangan yang berputar-putar. “Dalam tradisi akademik di Barat, pengulangan dalam sebuah artikel itu adalah sumbu kematian yang melemahkan”, kata Professor Lindsey. 

Sementara Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto mengapresiasi atas kegiatan yang dirancang oleh LP2M ini. Dikatakan Babun, kegiatan International Lecturer Series (ILS) memiliki arti penting bagi peningkatan reputasi akademik UIN KHAS secara kelembagaan. 

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para dosen untuk menghasilkan penelitian yang baik, yang tidak hanya disimpan dilemari, tapi juga dipublikasikan di jurnal-jurnal nasional dan internasional, yang sekaligus dapat meningkatkan reputasi kampus UIN KHAS Jember baik di tingkat nasional maupun internasional”, ungkap Babun.

Ketua LP2M UIN KHAS Jember Zainal Abidin mengungkapkan, LP2M akan terus menyelenggarakan kegiatan dan program yang menunjang penguatan riset dan publikasi ilmiah. 

“Kami akan terus menjalin kerja sama membangun dan memperluas jejaring riset baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri”, ungkap Zainal Abidin.

oleh admin diktis | Edisi Tanggal: 17-02-2022 Jam: 01:23:09 | dilihat: 428 kali