Kemenag Ajak PTKI Jadi Inisiator Moderasi Beragama di Masyarakat

Dalam paparannya, Dirjen Pendis mengajak PTKI untuk selalu menjadi katalisator dan inspirator moderasi beragama di tengah masyarakat.


(Foto: Istimewa)

Aceh - Kementerian Agama mengajak civitas akademika di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk memainkan peran sebagai agen diplomasi budaya di tingkat global. 

Ajakan ini disampaikan Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani, saat menyampaikan Orasi Ilmiah Wisuda Program Doktor, Magister, dan Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021, di Banda Aceh.

"Saya berharap, UIN Ar-Raniry mampu memainkan kembali peran Aceh Darussalam, yakni sebagai agen diplomasi budaya di kancah global, yang mampu menjalin hubungan internasional dengan pelbagai negara di dunia melalui pendekatan soft power dalam rangka memajukan pendidikan nasional,” kata Dhani, begitu sapaan akrabnya, Kamis (25/2/2021).

Dhani menyampaikan, Aceh Darussalam dikenal sebagai salah satu muara kebudayaan Islam Nusantara. Dahulu, di tengah kontribusi Sumatera dalam penyebaran Islam di nusantara melalui perdagangan, Kesultanan Aceh Darussalam memainkan peran signifikan melalui kontrol dalam negeri dan hubungan luar negerinya.

Peran tersebut yang menurut Dhani perlu dimainkan lagi oleh civitas akademika UIN Ar-Raniry. Karenanya, Dhani pun mengapresiasi capaian akademik UIN Ar Raniry di 2021. Salah satunya, keberhasilan Jurnal Samarah yang dikelola UIN Ar-Raniry Banda Aceh masuk ke dalam indeks Scopus. 

"Ini menambah jumlah jurnal ilmiah internasional bereputasi dan jurnal terakreditasi ke Sinta 1 yang diterbitkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)," tutur Dhani. 

“Ini merupakan kado istimewa untuk seluruh PTKI di tanah air pada awal tahun 2021. Capaian jurnal Samarah dari UIN Aceh ini semakin menambah kepercayaan kontribusi akademik PTKI ke komunitas akademik dunia,” sambungnya. 

Dalam paparannya, Dhani juga mengajak PTKI untuk selalu menjadi katalisator dan inspirator moderasi beragama di tengah masyarakat. 

Rektor UIN Ar-Raniry Warul Walidin, menyampaikan bahwa prestasi yang diraih oleh UIN Ar-Raniry baik akademik maupun non-akademik merupakan wujud kerjasama seluruh civitas academika.

“Sejatinya semua program kegiatan yang kita laksanakan di sini bermuara pada menciptakan atmosfir akademik berkualitas tinggi,” ujar Rektor.

Diakhir sambutan rektor menargetkan UIN Ar-raniry kedepan mejadi jantung dan hati peradaban pendidikan Islam di Aceh dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan sains modern yang berbasis Islam rahmatan lil alamin

“Kita akan menjadikan pendidikan Islam khususnya destinasi pendidikan Islam terbaik dunia sebagai Ambassador pendidikan Islam terbaik di dunia, Insya Allah,” pungkas Warul.

oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 25-02-2021 Jam: 06:55:15 | dilihat: 389 kali