Kemenag dorong Rektor Baru IAIN Kediri Kawal Karir Akademik Dosen hingga Guru Besar

Saat ini jumlah guru besar pada PTKIN mencapai 588 orang, 3 diantaranya ada di IAIN Kediri.


(Workshop Percepatan Kepangkatan Akademik Dosen di IAIN Kediri, Jumat (27/5).)

KEDIRI - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam mendorong Rektor Baru IAIN Kediri Dr. Wakhidul Anam, M.Ag untuk mengawal kenaikan akademik dosen sampai jenjang tertinggi Guru Besar.

“Rektor baru dan segenap jajarannya diharapkan menciptakan iklim yang kondusif bagi percepatan lahirnya Lektor Kepala dan Guru Besar di IAIN Kediri," ujar Kasubdit Ketenagaan Ruchman Basori saat memberikan Workshop Percepatan Kepangkatan Akademik Dosen di IAIN Kediri, Jumat (27/5).

“Saat ini jumlah guru besar pada PTKIN mencapai 588 orang, 3 diantaranya ada di IAIN Kediri, karenaya perlu langkah-langkah percepatan yang sistematis”, terang Ruchman.

Jumlah Guru Besar dilingkungan Kemenag RI sampai dengan tahun 2021 berjumlah 621 orang, 33 memasuki masa pensiun, sehingga total berjumlah per Januari 2022: 588 orang. “Kita ingin menggenjot jumlah guru besar pada PTKI untuk kepentingan peningkatan mutu, daya saing dan mendukung transformasi kelembagaan”, kata Alumni UIN Walisongo ini. 

Sebagaimana diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2021 dan KMA Keputusan Menteri Agama Nomor 856 Tahun 2021 Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu Agama dilakukan oleh Kementerian Agama. 

Selain Ruchman Basori, turut memberikan materi Kasubbag Tata Usaha Direktorat Diktis, Muhammad Aziz Hakim yang menegaskan pentingnya para dosen meningkatkan karir kepangkatan akademik. “Karir tertinggi secara akademik dosen adalah bukan Rektor, Wakil Rektor dan Dekan, tetapi Guru Besar”, katanya.

Sebelumnya Rektor IAIN Kediri Dr. Wakhidul Anam, M.Ag bertekad melakukan segala upaya agar para dosen mau dan cepat mengurus kepangkatan akademik LK/GB. 

“IAIN Kediri berkepentingan agar para dosen cepat menjadi Lektor Kepala dan Guru Besar untuk mendukung transformasi menjadi UIN”, katanya dihadapan 80 peserta workshop.

Saat ini IAIN Kediri memiliki 4 Fakultas dan 1 program pasca sarjana dengan jumlah prodi 27 dan dosen sebanyak 600 orang. Guru besar 3, Lektor Kepala 27 dan dosen berpangkat Lektor 61 orang.

Kegiatan workshop diikuti oleh dosen IAIN Kediri dari berbagai fakultas yang telah memiliki kepangkatan akademik Lektor dan Lektor Kepala. Hadir juga Kabag Umum Ditjen Pendidikan Islam Abdulloh Hanif, Kasubbag Tata Usaha Diktis Muhammad Aziz Hakim, unsur pimpinan WR I Ahmad Subakir dan pejabat lainnya. (RB)

oleh publikasi | Edisi Tanggal: 31-05-2022 Jam: 09:18:14 | dilihat: 355 kali