Kemenag Sosialisasikan Sistem PAK LK dan Guru Besar di Universitas Wahid Hasyim Semarang

Saat ini jumlah guru besar pada PTKIS termasuk FAI se-Indonesia baru 10 orang, sementara pada PTKIN mencapai 578 orang.


(Workshop Percepatan Kepangkatan Akademik Dosen Lektor Kepala dan Guru Besar di Universitas Wahid Hasyim Semarang, Rabu (25/5).)

Semarang - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam terus mendorong civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk meningkatkan kepangkatan Lektor Kepala dan Guru Besar.

“Meningkatkan kapasitas dan kepangkatan dosen sangat penting untuk menyiapkan perguruan tinggi bersaing di tengah perubahan yang begitu cepat”, tegas Kasubdit Ketenagaan Diktis, Ruchman Basori saat memberikan Workshop Percepatan Kepangkatan Akademik Dosen Lektor Kepala dan Guru Besar di Universitas Wahid Hasyim Semarang, Rabu (25/5).

“Saat ini jumlah guru besar pada PTKIS termasuk FAI se-Indonesia baru 10 orang, sementara pada PTKIN mencapai 578 orang, karenanya perlu langkah-langkah percepatan”, terang Alumni UIN Walisongo ini.

Ruchman menambahkan jumlah Guru Besar di lingkungan Kemenag RI sampai dengan 2021 berjumlah 621 orang, 33 memasuki masa pensiun, sehingga total berjumlah per Januari 2022: 588 orang. 

Sebagaimana diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2021 dan KMA Keputusan Menteri Agama Nomor 856 Tahun 2021 Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu Agama dilakukan oleh Kementerian Agama. 

Selain Ruchman Basori, turut memberikan materi Wakil Rektor IV Unwahas Dr. Helmi Purwanto, ST, MT dalam persepektif system PAK LK dan GB pada rumpun ilmu umum di bawah Kemdikbudristek.

Sebelumnya Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang Prof. Dr. Mudzakir, M.A mengharapkan agar para dosen mempunyai komitmen yang kuat meningkatkan jenjang kepangkatan akademik LK/GB. 

“Unwahas sangat berkepentingan agar para dosen cepat menjadi Lektor Kepala dan Guru Besar dalam berbagai disiplin ilmu, mumpung sekarang dari sisi regulasi terbuka lebar”, katanya dihadapan 30 peserta workshop yang hadir secara offline dan 45 orang secara online.

Saat ini Unwahas memiliki 9 Fakultas dan 1 program pasca sarjana dengan jumlah prodi 21 dan dosen sebanyak 263 orang. Khusus dosen FAI Unwahas yang sudah guru besar ada 2 orang, Lektor Kepala 2 orang dan Lektor 29 Orang.

Kegiatan workshop diikuti oleh dosen Unwahas dari berbagai fakultas dan dihadiri unsur pimpinan lengkap WR I Andi Puwrono, WR II Hanifah, WR III Nur Cholid dan WR IV Helmi Purwanto serta Dekan FAI Iman Fadhilah. (RB)

oleh publikasi | Edisi Tanggal: 26-05-2022 Jam: 04:12:32 | dilihat: 386 kali