Launching SPAN-PTAIN dan UM-PTAIN 2014




Jakarta (DIKTIS) – Ditemui disela-sela acara launching Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTAIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) (7/1), Dr. M. Zain, MA mengatakan bahwa saat ini masyarakat dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk masuk ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) dari berbagai daerah. “Biaya pelaksanaan SPAN-PTAIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya, alias gratis” kata Zain. Lebih lanjut Bapak kelahiran Sulawesi ini mengatakan tujuan dari launching program ini adalah untuk memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTAIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN dan juga untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi. Kasubdit Akademik pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam ini menegaskan bahwa pendaftaran sudah dimulai dari tanggal 18 Februari – 30 April 2014.

Ketika ditanya masalah teknis pendaftaran, Drs. Iman Sayogyo, M.Pd selaku Kasi Mutu Akademik menjelaskan,bahwa ada dua langkah yang perlu dilakukan, pertama Kepala sekolah/madrasah mendaftarkan sekolah/madrasahnya melalui laman http://www.span-ptain.ac.id, kemudian mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pendaftaran setelah itu sekolah akan mendapatkan User Id dan Password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran. Kedua, User ID dan Password tersebut digunakan oleh siswa untuk melakukan pendaftaran melalui laman http://www.span-ptain.ac.id, kemudian siswa dapat mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi pendaftaran setelah itu siswa dapat mencetak dan menyimpan kartu pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPAN-PTAIN.

“siswa lulusan Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah nanti dapat memilih dua PTAIN dan dua Program Studi yang diminati pada masing-masing PTAIN” ujar Iman. Masih menurut Iman Sayogyo, proses seleksi ini dilakukan secara nasional sehingga PTAIN nanti akan memperoleh lulusan terbaik dari SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah. Bapak kelahiran lumajang ini mengungkapkan bahwa SPAN-PTAIN dan UM-PTAIN ini adalah salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan di PTAIN.(shr)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 10-01-2014 Jam: 13:43:46 | dilihat: 3056 kali