MENTERI MERESMIKAN FEBI 6 PTAIN




Makassar (Diktis, 20/12). Enam Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yakni IAIN Sumatera Utara Medan, IAIN Walisongo Semarang, IAIN Raden Fatah Palembang, IAIN Surakarta Solo, UIN Alauddin Makassar dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kini memiliki fakultas baru yang dinamakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, selanjutnya disingkat dengan FEBI.

Pendirian Fakultas baru itu didorong oleh tingginya minat masyarakat Indonesia dalam melanjutkan studinya. Kewenangan Kementerian Agama untuk menyelenggarakan prodi Ekonomi berbasis Syariah mendorong Kementerian Agama untuk mengajukan nomenklatur fakultas baru tersebut. Kini, masyarakat bisa mengambil jurusan ekonomi pada PTAI dengan mengambil salah satu prodi di bidang ekonomi syariah pada enam PTAIN tersebut. Masuknya ekonomi syariah dalam kajian diharapkan bias mengurangi praktik riba dan gharar di tengah masyarakat.

MENAG Me-launching FEBI di UIN Alauddin Makassar

Pada hari Sabtu (14/12) Menag Me-launching enam FEBI secara bersamaan di UIN Alauddin Makassar. Dalam arahannya pada saat melaunching enam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Menteri Agama Dr (Hc) Suryadharma Ali, MSi mengatakan "Keenam UIN/IAIN yang berinisiatif mendirikan FEBI di kampusnya masing-masing merupakan langkah yang tepat untuk menampung tingginya partisipasi masyarakat Indonesia dalam melanjutkan studinya".

Menag menambahkan bahwa hal utama yang harus dilakukan Rektor ketika FEBI ini sudah berjalan adalah peningkatan pelayanan pendidikan bagi masyarakat dan peningkatan keilmuan, "Terus berbenah terkait dengan pelayanan pendidikan dan integrasi keilmuan," harapnya.

Launching FEBI ini dihadiri oleh enam Rektor dari UIN maupun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang baru mau mendirikan FEBI, didampingi Dirjen Pendidikan Islam Prof. DR. H. Nur Syam, M.Si, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA serta jajaran pejabat Rektorat UIN Alauddin Makassar.**aem**

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 09-01-2014 Jam: 11:24:56 | dilihat: 1576 kali