UISSI Cirebon Kebanjiran Pendaftar

Sampai pendaftaran ditutup total pendaftar PJJ PAI mencapai 7.197 orang.


(Rakor virtual penerimaan mahasiswa UISSI)

Jakarta - Animo pendaftar beasiswa Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam (PJJ PAI) pada IAIN Syaih Nurjati Cirebon membludak, mencapai 7.197 hingga pendaftaran di tutup pada 5 Agustus Jam 24.00 WIB.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani memberikan apresiasi dan rasa bangga atas membludaknya pendaftar Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam (PJJ PAI) sebagain pertanda bahwa minat masyarakat sangat tinggi, saat diminta konfirmasi oleh awak media, pada Jumat Malam (5/8).

“Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi alternatif di tengah kemajuan teknologi informasi dan masyarakat yang semakin tergantung pada pola hidup digital”, kata Guru Besar UIN Gunung Djati Bandung ini.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Amin Suyitno, M.Ag mengatakan ada 20 layanan beasiswa Kemenag-LPDP Tahun 2022 senilai 551 milyar, salah satunya diperuntukan bagi Beasiswa S1 PJJ PAI pada IAIN Cirebon.

Dikatakan lebh lanjut oleh Suyitno, skema pembiayaan PJJ PAI pada IAIN Cirebon adalah menggunakan pembiayaan beasiswa Kemenag-LPDP dengan total jumlah penerima 2.000 orang yang diperuntukan bagi Guru Madrasah/Guru PAI pada Sekolah /Ustadz Pondok Pesantren dan Ustadz Pendidikan Keagamaan Islam.

Tenaga Ahli Menteri Agama Dr. Mahmud Syaltout, SH, DEA mengatakan program beasiswa S1 PJJ PAI ini merupakan bagian dari program prioritas Menteri Agama, khususnya Cyber Islamic University.

Syaltout menegaskan bahwa animo masyarakat yang begitu besar pada PJJ PAI sebagai salah satu bentuk layanan prodi cyber sangat membanggakan dan IAIN Cirebon bersama Kemenag harus mengelolanya dengan baik.

“Sistem seleksi harus mampu menjaring calon-calon mahasiswa yang unggul dan juga memberikan affirmasi kepada anak bangsa di daerah 3T dan minoritas muslim”, harap Syaltout.

Syaltout juga berharap system seleksi dipersiapkan sedemian rupa dengan menggunakan platform digital dan masyarakat diberikan kepastian untuk mengakses dengan mudah.

Tidak lupa Syaltout menyampaikan terima kasih kepada LPDP yang mensupport program prioritas Kementerian Agama ini dan semoga kerjasama ini semakin baik lagi di masa datang.

Koordinator PJJ PAI IAIN Cirebon Moh. Ali mengatakan bahwa pendaftaran PJJ PAI IAIN Cirebon di buka pada 17 Mei s.d 5 Agustus 2022 berasal dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Sampai pendaftaran di tutup, Ali melaporkan bahwa total pendaftar PJJ PAI mencapai 7.197 orang, berasal Guru Madrasah 3.541 orang; Guru PAI pada Sekolah 593; Ustadz Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah mencapai 3.058 orang.

Rapat Koordinasi Melalui Zoom Meeting juga dihadiri oleh Ketua Project Manajemen Unit (PMU) Beasiswa Kemenag-LPDP Ruchman Basori, Wakil Rektor I IAIN Cirebon Dr. Saifuddin Zuhri, M.Ag, Wakil Rekor II Dr. Kartimi, M.Pd, Tim PJJ PAI Kementerian Agama, Dosen IAIN Cirebon, dan perwakilan Direktorat Kurikulum, Sarana Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK), Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Direktorat PAI, dan juga Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pdpontren) serta para dosen lainnya. (RB)

oleh publikasi | Edisi Tanggal: 06-08-2022 Jam: 10:37:34 | dilihat: 486 kali