Hasil Riset UIN SU Menjadi Rujukan di International

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan mendapatkan Izin dan Resmi Membuka Studi S1 Manajemen (19/03/2024) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.


Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan mendapatkan Izin dan Resmi Membuka Studi S1 Manajemen (19/03/2024) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.(Hasil Riset UIN SU Medan Menjadi Rujukan di Internasional.)

UIN SU Medan -- Program Studi S1 Manajemen merupakan program studi muda yang ada pada Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan dan resmi memperoleh izin pembukaan prodi pada tanggal 19 Maret 2018 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia. Program Studi S1 Manajemen dalam waktu singkat telah menyumbangkan berbagai prestasi akademik maupun non akademik.


Sebagai program studi yang mengedepankan perkembangan keilmuan, Prodi S1 Manajemen UIN SU Medan terus mendorong para civitas akademikanya, baik dosen maupun mahasiswa untuk terus mengembangkan dalam keilmuan bidang manajemen dan publikasi ilmiahnya. Sebagai upaya dalam mewadahi civitas akademika, Prodi S1 Manajemen dalam mengembangkan keilmuan, Ketua Program Studi Prodi S1 Manajemen pada waktu itu adalah Muhammad Irwan Padli Nasution, bersama Sekretaris Program Studi, Nurbaiti mendirikan grup riset yang dikenal dengan nama Management Research Forum (MRF) dan menunjuk Siti Aisyah yang merupakan dosen tetap Prodi S1 Manajemen sebagai ketuanya. Management Research Forum (MRF) diresmikan pada tanggal 16 Januari 2020 oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Andri Soemitra.


Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh MRF mulai dari diskusi rutin bersama dosen di lingkup Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), maupun bersama para dosen dari berbagai Universitas di Indonesia. MRF juga menjadi wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide penelitian dan publikasi artikel ilmiah. Bersama MRF, Prodi S1 Manajemen selalu berada dalam peringkat Top 5 Kinerja Publikasi Program Studi di lingkungan UIN SU Medan.


Peneliti Kelompok Riset MRF, Muhammad Irwan Padli Nasution, Nurbaiti, Nurlaila, Tri Inda Nur Fadila Rahma, dan Kamila, telah mempresentasikan hasil penelitiannya pada International Conference yaitu “3rd International Conference on Computer and Informatics Engineering (IC2IE), 15-16 Sept. 2020”. Artikel ilmiah yang dipresentasikan tersebut kemudian dipublikasikan pada Proceeding terindeks Scopus yang diterbitkan oleh IEEE Publisher. Artikel karya peneliti MRF tersebut berjudul “Face Recognition Login Authentication for Digital Payment Solution at COVID-19 Pandemic”, saat kini telah disitasi dan menjadi referensi bagi peneliti internastional ( sampai saat ini disitasi 11 paper SCOPUS ), detail pada URL: https://plu.mx/plum/a/?doi=10.1109%2Fic2ie50715.2020.9274654 .


Pada tahun 2024 artikel ilmiah karya Muhammad Irwan Padli Nasution, dkk. tersebut disitasi oleh peneliti Yang, T., Gu, F pada penelitiannya yang berjudul “Overview of modulation techniques for spatially structured-light 3D imaging” yang dipublikasikan pada Jurnal Optics and Laser Technology. Jurnal Optics and Laser Technology merupakan jurnal diterbitkan Elsevier Publisher yang telah terindeks pada Scopus sejak tahun 1970, dengan SJR 0.874 (Q1).


Hal ini menjadi salah satu prestasi akademik yang gemilang bagi Prodi S1 Manajemen FEBI UIN SU di Internasional karena karya ilmiahnya telah berdampak luas pada International. Kelompok Riset MRF terus berkarya dan bermanfaat untuk turut berkontribusi dalam mengembangkan akademik pada Program Studi, Fakultas maupun UIN SU. Semoga MRF dapat menjadi contoh khususnya pada UIN SU sebagai kelompok Riset yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan. (Yunni/Piki)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 02-03-2024 Jam: 16:44:19 | dilihat: 888 kali