Tingkatkan Publikasi, UIN Bandung Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Berstandar Internasional

Sebanyak 80 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat mengikuti Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Berstandar Internasional yang diselenggarakan di Aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Gedung Lecture Hall.


Sebanyak 80 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat mengikuti Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Berstandar Internasional yang diselenggarakan di Aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Gedung Lecture Hall.(Suasana workshop peningkatan publikasi ilmiah di UIN Bandung)

Bandung (Diktis) - Sebanyak 80 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat mengikuti Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Berstandar Internasional yang diselenggarakan di Aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Gedung Lecture Hall.


Workshop dibuka resmi oleh Wakil Rektor I UIN Bandung, Dadan Rusmana, yang menyampaikan dukungan penuh terhadap acara ini. “Saya atas nama pimpinan mengapresiasi workshop karena acara ini sejalan dengan target universitas untuk mencapai rekognisi Internasional, termasuk memiliki 10 Jurnal Bereputasi Terindeks Scopus pada tahun 2027,” tegas Dadan, Senin (27/11/2023).


Dengan menghadirkan narasumber Eng. Uji Pratomo, dosen dari Universitas Padjadjaran, dan Busro, dosen UIN Bandung sekaligus Dewan Pengawas RJI. Kedua pembicara ini membawakan materi terkait penulisan artikel ilmiah dan pengelolaan jurnal berstandar Internasional.


Kordinator Sentra Publikasi Rumah Jurnal sekaligus Ketua Pelaksana, Ferli Septi Irwansyah menyampaikan acara ini merupakan kerjasama antara Rumah Jurnal UIN Bandung dan Pengurus Daerah Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Wilayah Jawa Barat.


Mengingat pentingnya kualitas artikel dalam Jurnal Internasional Bereputasi terutama bagi para peneliti, dosen, dan mahasiswa. “Kualitas artikel pada jurnal meliputi relevansi, kontribusi Ilmiah, metodologi penelitian yang kuat, kualitas analisis serta Interpretasi, kesesuaian dengan standar penulisan jurnal, dan novelty atau kebaruan artikel. Harapannya kegiatan ini bisa memfasilitasi bagi para penulis dan para pengelola jurnal untuk mengetahui standar artikel ilmiah yang bisa diterbitkan di Jurnal Internasional bereputasi,” jelasnya.


Peserta yang hadir berasal dari berbagai perguruan tinggi, termasuk perwakilan dari Universitas Kristen Indonesia Jakarta, STAI Al-Hidayah Bogor, Universitas Bina Bangsa, BDK Bandung, Sekolah Tinggi Hukum Bandung, Akademi Farmasi Bumi Siliwangi, Institut Agama Islam (IAI) Persis Bandung, STAI Daarut Tauhiid, Politeknik Pajajaran ICB Bandung, Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar, Sekolah Tinggi Teologi INTI Bandung, dan Politeknik Al Islam Bandung.


Ketua Pengurus Daerah RJI Jawa Barat, Rifqi Syamsul Fuadi, mengucapkan terima kasih kepada Rumah Jurnal UIN Bandung atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. “Ini merupakan kegiatan pertama sejak menjabat sebagai ketua, dan mengumumkan bahwa acara selanjutnya akan diadakan di STAI Al Hidayah Bogor,” paparnya.


Acara berjalan lancar, dengan antusiasme peserta yang terlibat aktif dalam diskusi dan pertanyaan. “Workshop ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah dan pengelolaan jurnal di lingkungan akademis,” pungkasnya.


Sumber: Humas Pendis

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 27-11-2023 Jam: 04:24:02 | dilihat: 197 kali