UIN Raden Fatah Palembang Raih Akreditasi Unggul

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang hari ini memperoleh akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) dengan nilai 371. UIN Raden Fatah menyusul UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta yang lebih dulu mendapat akreditasu unggul.


Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang hari ini memperoleh akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) dengan nilai 371. UIN Raden Fatah menyusul UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta yang lebih dulu mendapat akreditasu unggul.(Rektor UIN Palembang Nyayu Khadijah bersama Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam Ahmad Zainul Hamdi)

Jakarta (Dikts) - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang hari ini memperoleh akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) dengan nilai 371. UIN Raden Fatah menyusul UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta yang lebih dulu mendapat akreditasu unggul.


Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Nyayu Khadijah mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan prestasi bersama tim UIN Palembang. Prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan pimpinan Kemenag, khususnya Menteri Agama, Dirjen Pendis, dan Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, beserta perangkatnya.


"Alhamdulillah berkat dukungan dan doa dari banyak pihak dan kerjasama tim yang luar biasa dengan semangat dan loyalitas yang tinggi serta kecintaan pada institusi yang besar, UIN Raden Fatah Palembang dapat terakreditasi unggul. Ini merupakan hasil dari perjuangan panjang selama dua tahun, mulai persiapan hingga proses Asesmen Lapangan dari BAN PT," tegasnya di Jakarta, Senin (14/11/2023).


Submit pengajuan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UIN Raden Fatah Palembang dilakukan pada Oktober 2023. Sebulan berselang, dilaksanakan proses Asesmen Lapangan. 


"Setelah persiapan dua tahun pengajuan APT, akhirnya kami memperoleh akreditasi unggul. Ini merupakan kado akhir tahun yang sangat indah buat civitas akademika UIN Rafa Palembang," ungkapnya.


Sebagai kampus dengan akreditasi institusi unggul, lebih dari 50% Program Studi (Prodi) dari 47 Prodi yang ada pada UIN Raden Fatah Palembang telah memperoleh akreditasi A/Unggul. Ini juga menjadi pencapaian yang bagus untuk meningkatkan PT yang berkualitas dan bermutu tinggi.


Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi mengapresiasi kerja keras Rektor dan tim UIN Raden Fatah Palembang. Kerja keras itu telah berbuah hasil berupa akreditas unggul dari BAN PT. 


"Dahsyat dan keren. Kami sangat mengapresiasi atas pencapaian ini. Meski siapa pun direktur PTKI-nya, UIN Palembang tetap akan memperolehnya. Yang pasti kampus UIN Rafa Palembang telah mencapai puncak akreditasi terbaiknya, selamat!" tegas Ahmad Inung, panggilan akrabnya. [Thobib Al Asyhar]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 14-11-2023 Jam: 01:25:12 | dilihat: 406 kali