FGD Pimpinan PTKIN; Penguatan Program Double Degree di Lingkungan PTKI

Kementerian Agama sedang melaksanakan program Keluarga Mashlahah, keluarga sebagai organisasi terkecil bangsa dan negara harus dibangun dan direncanakan dengan baik.


(FGD penguatan program double degree di lingkungan PTKI)

DIKTIS, Gorontalo – Ditengah kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaa (PWN PTK) XVI yang dilaksanakan di IAIN Gorontalo 22-27 Mei 2023, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam melaksanakan kegiatan sarasehan dengan Rektor/Ketua dan Wakil Rektor/Ketua Bidang Kemahasiswaan PTKIN.

Sarasehan ini bertujuan agar PTKIN dapat melaksanakan percepatan beberapa program yang terdapat di lingkungan PTKIN. Seperti program student exchange atau student mobility program, program double degre dengan universitas luar negeri, dan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Abdul Rochman selaku Staf Menteri Agama dalam kesempatan tersebut menyampaikan, saat ini Kementerian Agama sedang melaksanakan program Keluarga Mashlahah, keluarga sebagai organisasi terkecil bangsa dan negara harus dibangun dan direncanakan dengan baik. Misal terkait masalah anak stunting, perlu pemahaman keluarga terhadap hal ini.

Selain itu, kata Rochman, Kementerian Agama juga melaksanakan program di berbagai entitas secara komprehensif, meliputi Masjid, Majelis Taklim, Madrasah, Pesantren dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam saat ini telah mendapatkan banyak tawaran program double degree dari beberapa Universitas di luar negeri untuk pelaksanaan program Double Degree. Universitas yang menawarkan program ini memiliki peringkat yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan peringkat Universitas di Indonesia.

“Hal ini perlu gayung bersambut dari PTKN terkait program ini secara konkrit. Kita perlu melisting kerjasama yang sudah ada saat ini di PTKN, agar program ini berjalan optimal,” pesan Muhammad Ali Ramdhani kepada para pimpinan PTKN.

Ahmad Zainul Hamdi menambahkan, pada tahun ini Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam akan memulai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka secara terpusat dan akan menindaklanjuti program doubel degree dengan skema Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB).

“Selain itu kita akan memgadakan education expo di beberapa negara Asia dan Afrika untuk mendongkrak pertumbuhan mahasiswa asing di lingkungan PTKIN,” pungkas Direktur Diktis ini.

oleh publikasi | Edisi Tanggal: 23-05-2023 Jam: 12:45:48 | dilihat: 168 kali