Kemenag Dorong PTKI Sukseskan The 4th ICON UCE 2022 di IAIN Cirebon

Ajang ini memberikan kesempatan kepada berbagai pihak dalam usaha-usaha pengembangan kemitraan PTKI dengan masyarakat.


(The ICON UCE 2022)

JAKARTA - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon resmi didaulat sebagai tuan rumah ajang The 4th ICON UCE 2022 (International Conference on University-Community Engagement), yang akan diselenggarakan pada 24-26 Oktober 2022.

Dalam event internasional dwi tahunan ini, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia akan terlibat dalam forum diskusi ilmiah, berlomba menunjukkan hasil karya ilmiah terbaik, serta meningkatkan networking penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Ali Ramdhani, menyatakan forum ini memberikan kesempatan luas kepada perguruan tinggi, organisasi masyarakat sipil dan masyarakat luas untuk saling curah pendapat dari berbagai pengalaman tentang konsepsi pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, ajang ini memberikan kesempatan kepada berbagai pihak dalam usaha-usaha pengembangan kemitraan PTKI dengan masyarakat.

"Civitas akademika dapat membuat agenda kerja riil dalam rangka mengarusutamakan pemberdayaan masyarakat berbasis riset dengan melibatkan komunitas dan elemen masyarakat," ujar Ali Ramdhani dalam keterangannya.

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, DR. Suwendi, juga menekankan ICON UCE menjadi ajang penting untuk menguatkan semangat perguruan tinggi dalam meneguhkan integrasi tridharma perguruan tinggi serta merumuskan pengabdian kepada masyarakat yang komprehensif, sistematis, terstruktur, dan masif.

"Untuk itulah, perlu dilaksanakan sebuah forum curah pendapat sekaligus pengingat bagi sivitas akademika terkait pengabdian kepada masyarakat. Kita ingin memastikan tri dharma sudah semestinya terintegrasi. Pembelajaran penalaran dan penelitian bukan dharma yang terpisah, tapi ketiga menyatu dan saling membutuhkan," ucap Suwendi dalam agenda Sosialisasi kegiatan 4th ICON UCE 2022 yang digelar secara hibrid, Jumat (23/9/2022) siang.

Suwendi menegaskan Konferensi Internasional menjadi salah satu pilihan sebagai forum curah pendapat itu. ICON UCE ini, ditambahkan Suwendi, merupakan sebuah wadah yang dirancang untuk menunjukkan, merayakan, dan berbagi pengalaman hingga kisah sukses keterlibatan universitas-komunitas dari lokal ke tingkat global.

"Konferensi ini memberi kesempatan kepada para pemangku kepentingan yang bekerja sama dari berbagai mitra untuk membuat inisiatif transformasi sosial yang inovatif dan kreatif," terangnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Suwendi mengundang seluruh civitas akademika PTKI terutama para Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian untuk aktif berpartisipasi dalam serangkaian agenda 4th ICON UCE 2022. 

"Kami berharap seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam ini berpartisipasi dalam agenda ini, silahkan mengirimkan karya terbaiknya, melakukan seleksi masing-masing di kampusnya dengan merujuk kriteria yang sudah ditentukan," tutur Suwendi. 

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Sumanta Hasyim, selaku tuan rumah juga mengungkapkan kesiapan timnya dalam mempersiapkan penyelenggaraan 4th ICON UCE 2022. Di masa pemulihan pandemi ini, Sumanta berharap seluruh peserta utusan PTKI dapat bersama-sama menyukseskan gelaran event tersebut.

"Meskipun kondisi kita saat ini masih belum dinyatakan normal betul, tapi dengan semangat yang gigih dari kita semua khususnya LP2M untuk mengundang bapak dan ibu sekalian datang ke Cirebon melaksanakan kegiatan ICON UCE ini. Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan baik," ujar Sumanta dalam sambutannya.

Melalui ajang ICON UCE, Sumanta sangat optimis para civitas akademika kampus PTKI akan terpacu dan terus semangat melakukan pengabdian masyarakat secara tulus di kampus masing-masing.

"Sekali lagi terimakasih telah menunjuk IAIN Syeh Nurjati cirebon sebagai tuan rumah ICON UC, ini amanah kepercayaan yang harus saya dan teman-teman disini laksanakan, mudah-mudahan pelaksanaan ini memantik semangat kita untuk mengabdi secara tulus di kampus kita masing-masing," imbuhnya.

Sebagai informasi, ICON UCE merupakan event internasional dwi tahunan yang digelar Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama. ICON UCE yang pertama digelar di UIN Alauddin Makassar 2014, ICON UCE yang kedua di UIN Sunan Ampel Surabaya, yang dilaksanakan pada tanggal 2-5 Agustus 2016, kemudian ICON UCE yang ketiga di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 8-10 Oktober 2018. Adapun ICON UCE ke-4 kali ini, akan diselenggarakan 24-26 Oktober 2022 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ada empat rangkaian kegiatan yang disuguhkan dalam ICON UCE kali ini, diantaranya forum international conference, expo atau pameran hasil karya pengabdian PTKI se-Indonesia, training tentang metodologi pengabdian kepada masyarakat yaitu PAR dan ABCD, serta seleksi pengabdian terbaik yang meliputi kategori penyelenggaraan KKN terbaik, tokoh inspiratif dalam PKM dan program PKM terbaik.

Informasi lebih detail tentang ICON-UCE 2022, bisa diakses di link: http://icon-uce.id/

oleh admin diktis | Edisi Tanggal: 24-09-2022 Jam: 02:00:52 | dilihat: 585 kali