Kemenag Gelar Workshop Penyusunan Sistem Penjamin Mutu Internal PTKIS

Dari kegiatan ini, diharapkan PTKIS mampu maju dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi berbasis agama Islam secara kompetitif pada level nasional maupun internasional.


(Workshop Penyusunan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS))

DIKTIS, Palembang - Kementerian Agama menyelenggarakan Workshop Penyusunan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Kota Palembang Sumatera Selatan dari tanggal 15-17 Mei 2023 bekerjasama dengan Best Quality (Best-Q) Institute dengan mengundang perwakilan pengurus dan anggota Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah 6, Wilayah 7, dan Wilayah 13.

Dari kegiatan ini, diharapkan PTKIS mampu maju dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi berbasis agama Islam secara kompetitif pada level nasional maupun internasional, hal ini disampaikan Lukman Nugraha saat memberikan sambutan dan membuka acara mewakili Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dan Kasubdit Pengembangan Akademik yang bertugas ke luar negeri.

“Dalam kegiatan ini dihadiri beberapa perwakilan PTKIS yang harus mampu memanfaatkan dengan maksimal untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara kompetitif di berbagai level baik nasional maupun internasional,” harap pria yang menjabat Subkoord Seksi Bina Prodi ini.

“Kementerian Agama hadir dan berkomitmen dalam membina PTKIS dengan berbagai varian program dari kegiatan pelatihan sampai pelayanan Prodi secara konstruktif dan impresif terhadap pokok-pokok pendidikan tinggi sehingga layak berdaya saing,” tambah alumni magister lulusan australia ini.

Sementara itu, Best-Q Institute selaku mitra kerja dan pendamping mengawali kegiatan dengan mengajak peserta menjalani pretest dengan menggunakan aplikasi permainan (game) sehingga terlihat menyenangkan dan membangkitkan semangat karena di akhir sesi akan diberikan hadiah untuk yang mempunyai tiga nilai tertinggi.

Pada sesi berikutnya, peserta menerima materi dari beberapa instruktur Best-Q yang berbeda dengan metode interaktif, dimana mereka dapat melakukan tanya jawab langsung di tengah penyampaian materi tanpa harus menunggu di akhir sesi, hal ini nampak menjadikan suasana workshop menjadi hidup layaknya terjadi obrolan ringan antara pertemana, persahabatan, bahkan kekeluargaan.

Di akhir kegiatan akan diberikan piagam atau sertifikat kepada para peserta workshop oleh Best-Q Institute sebagai penghargaan bagi mereka yang sudah berpartisipasi untuk membantu memajukan mutu pendidikan tinggi di Indonesia melalui perguruan tinggi tempat bernaung masing-masing.

Selanjutnya Best-Q Institute dan Kementerian Agama direncanakan akan menggelar kegiatan serupa di seluruh wilayah-wilayah lain di Indonesia untuk memberikan pendampingan, pembinaan, dan penguatan wawasan terkait penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu serta berdaya saing.

oleh publikasi | Edisi Tanggal: 22-05-2023 Jam: 08:37:47 | dilihat: 563 kali