Tingkatkan Mutu dan Daya Saing, Kemenag Fasilitasi Penguatan Akreditasi Institusi PTKI

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Subdit Kelembagaan dan Kerjasama terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)


(Penguatan akreditasi institusi melalui PDDIKTI pada PTKI)

Makassar (Diktis Kemenag) - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Subdit Kelembagaan dan Kerjasama terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Salah satunya melalui kegiatan penguatan akreditasi institusi melalui PDDIKTI pada PTKI yang diselenggarakan di Makassar, 23-35/05/23. Upaya ini merupakan bentuk implementasi dari amanah Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.


Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Thobib Al Asyhar, menyatakan bahwa saat ini mutu dan kualitas PTKI harus terus ditingkatkan, masih banyak perguruan tinggi yang membutuhkan pembinaan. “PTKI memiliki karakter yang berbeda dengan kampus lain yang secara keilmuanya perlu kita rawat dan jaga dengan sebaik-baiknya”, pinta Thobib. 


Saya berharap setelah selesai pelatihan ini bapak/ibu bisa mendapatkan ilmu tentang proses akreditasi baik prodi maupun institusi. “Untuk mendapatkan akreditasi institusi yang unggul maka prodi juga harus telah terakreditasi terlebih dahulu”, jelas Thobib yang juga dosen pada Universitas Indonesia.  


“Dengan segala bentuk kekurangan yang ada kami yakin bahwa bapak/ibu memiliki niat yang baik untuk memajukan perguruan tinggi masing-masing. Percayalah bahwa kami Kemenag akan terus mendampingi PTKI agar lebih maju dan berdaya saing”, jelasnya. 


Selain itu Thobib yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Menteri tersebut juga menjelaskan bahwa perkembangan teknologi menjadi tantangan serius untuk perguruan tinggi keagamaan swasta, jangan sampai PTKIS akan dtinggalkan oleh masyarakat karena tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi. 

Saat ini Kemenag telah melakukan moratorium pendirian PTKIS baru dengan tujuan peningkatan mutu PTKI existing dan ini menjadi momentum untuk terus peningkatan mutu dan daya saing. Percayalah, keterbatasan yang kita miliki harus menjadi cambuk untuk terus maju dan berkembang”, pinta Thobib mengakhiri sambutannya. 


Subkoordinator Penjaminan Mutu Kelembagaan, Ahmad Mahfud Arsyad, M.Ag mengatakan bahwa kegiatan penguatan akreditasi institusi ini dilakukan secara bertahap dimasing-masing wilayah kopertais. Saat ini kegiatan ini berlangsung untuk PTKIS di bawah binaan kopertais wilayah VIII Makassar. Ini adalah kegiatan kedua setelah kopertais wilayah XV Lampung, yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 23-25 Mei 2023 di hotel Claro, Makassar.


Menurut Ahmad agenda yang akan dilakukan dalam rangka penguatan akreditasi adalah terkait dengan bimbingan teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Pelatihan Auditor Internal. 


“Setelah pelatihan ini diharapkan semua PTKIS telah memiliki dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan memiliki auditor internal semuanya”, harap Ahmad.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 25-05-2023 Jam: 23:23:35 | dilihat: 248 kali