1064 Lulusan UKMPPG 2024 UIN Bandung, Harus Memiliki Wawasan Masa Depan Dalam Memakujak Pendidikan



(Pengukuhan Lulusan UKMPPG 2024 pada LPTK UIN Bandung)

Bandung -- Program Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) 2024 diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Karenanya para lulusan UKMPPG juga harus memiliki wawasan masa depan untuk memajukan pendidikan.


Pesan ini disampaikan Sekjen Kementerian Agama M. Ali Ramdhani saat mengkukuhkan 1.064 lulusan UKMPPG pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan LPTK Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.


Lulusan UKMPPG Terdiri ats 643 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dan 421 Guru Madrasah. "Guru harus memiliki sifat Fathonah yaitu cerdas dan berwawasan masa depan. Profesi tersebut harus didukung dengan kemauan kuat untuk menjadi pribadi pembelajar sepanjang hayat, sehingga para guru mempunyai pribadi yang berwawasan masa depan," pesan Muhammad Ali Ramdhani di Bandung, Selasa (23/4/2024).


Menurut Sekjend Kemenag RI, guru berwawasan masa depan harus memiliki pengetahuan tentang tantangan yang akan didadapi murid - muridnya. Sehingga para guru mampu memberikan pembelajaran yang bermakna untuk membekali para murid agar bisa menyelesaikan tugas yang akan diemban kelak.


Guru yang berwawasan harus mampu mengajar para murid - muridnya sesuai dengan tantangan zamannya, sebab para murid akan hidup di zaman mereka, bukan pada zaman guru tersebut mengajar. "Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan pada zaman kalian,"tutur Sekjen mengutip salah satu riwayat".


Selain berwawasan masa depan guru juga seharusnya dapat dipercaya dan bertanggung jawab (amanah), jujur (siddq), dan menyampaikan (tabligh). Guru harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik supaya pesan yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik oleh murid dan masyarakat pada umumnya.


"Komunkasi disini tidak sebatas pada komunikasi verbal saja, tapi juga berkaitan dengan kemampuan dalam menuangkan ide - ide dan gagasan dalam bentuk karya tulis ilmiah, juga kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang tepat bagi bertumbuh kembangnya murid,"sebutnya.


Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini mengajak para guru profesional yang dikukuhkan, dan dapat mengimplementasikan karakter Fathanah, Amanah, Siddiq, dan Tabligh yang merupakan sifat - sifat pada Nabi.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 26-04-2024 Jam: 02:45:51 | dilihat: 64 kali