Islamic University of Madinah Sambut Inisiatif Kerjasama UIN Jakarta



(Foto Kunjungan Pimpinan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke Islamic University of Madinah)

UIN Jakarta — Universitas Islam Madinah atau Islamic University of Madinah menyambut baik inisiatif kerjsama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Inisiasi kerjasama disampaikan langsung Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar M.A. Ph.D beserta rombongan dalam kunjungan ke universitas yang berlokasi di kota Madinah, Ahad (28/4/2024).


Kunjungan inisiasi disambut langsung pelaksana Rektor Islamic University of Madinah (IUM) Prof. Hasan bin Abdul Moneim al-Awfi beserta sejumlah pimpinan akademik universitas. Sedang dalam kunjungan ini, Rektor Asep Jahar didampingi langsung Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Imam Subci M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ali Munhanif M.A. Ph.D., dan Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D.


Dalam sambutannya, pimpinan dan sivitas Islamic University of Madinah menyambut baik inisiatif UIN Jakarta untuk melaksanakan kerjasama penelitian dan pengajaran. Mereka juga bersiap memproses draft kerjasama dan mengimplementasikan program-program kerjasamanya.


“Kita diterima Rektor Universitas Madinah. Mereka sangat senang dan welcome untuk kerjasama di semua bidang. Alhamdulillah,” ungkap Rektor Asep Jahar dalam keterangan resminya.

Dalam kesempatan itu, ditunjuk pula penanggungjawab kontak kerjasama masing-masing universitas. Keduanya, Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D. dan Dr. Abdul Wahed Al-Rehaily yang sama-sama menjabat pimpinan pusat kejrasama internasional.

Kedua narahubung ini nantinya akan akan mengatur waktu pertemuan virtual antar fakultas dan unit yang tertarik bekerjasama. Kedua universitas akan saling mengundang dosen dan guru besar universitas masing-masing-masing untuk menjadi pembicara pada konferensi dan kegiatan-kegiatan akademik internasional.


Selanjutnya, pertemuan juga diisi pembahasan pentingnya untuk secepatnya melaksanakan pemetaan keahlian dan saling berbagi informasi ilmuwan di setiap kampus. Diketahui, Islamic University of Madinah menjelaskan bahwa mereka memiliki hibah penelitian (grant research) yang bisa digunakan untuk penelitian kolabratif.

Dalam kesempatan itu, pimpinan dari dua perguruan tinggi mengungkapkan keunggulan akademik masing-masing. IUM tercatat unggul dengan fakultas-fakultas keagamaan sepertui Dakwah, Ushuluddin, Ilmu Quran dan Hadits serta ilmu keagamaan lainnya.


Sementara itu, Rektor UIN Jakarta mengungkapkan sejumlah keunggulan dan prestasi yang berhasil dicatatkan UIN Jakarta baru-baru ini. Diantaranya, pencapaian UIN Jakarta dalam posisi 122 dunia bidang Theology, Divinity and Religious Studies, keberadaan dua jurnal scopus bidang keagamaan yaitu Ahkam journal of Islamic Law and Studia Islamic Journal of Islamic Studies.


Dalam keterangan tambahan, Profesor Maila mengungkapkan, inisiasi kerjasama UIN Jakarta ke Islamic University of Madinah merupakan bagian dari penguatan akademik universitas melalui kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dunia. Sebelumnya, UIN Jakarta telah membangun kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi Eropa, Asia, dan kawasan lainnya. (Fauziah M./DDM/ZM)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 01-05-2024 Jam: 23:51:21 | dilihat: 81 kali