LPTK IAIN Pontianak Catatkan Sejarah Baru Luluskan 92,77 Persen Guru Profesional



(LPTK IAIN Pontianak Catatkan Sejarah Baru Luluskan 92,77 Persen Guru Profesional)

Pontianak -- Bertempat di Ballroom Orcadz Hotel Pontianak, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menggelar acara pengukuhan guru profesional program Pendidikan Profesi Guru (PPG).


Acara yang diperuntukkan bagi para guru lulus UKMPPG dan telah berhasil meraih gelar Guru Profesional (Gr). Sebanyak 226 mahasiswa PPG LPTK IAIN Pontianak secara resmi dikukuhkan sebaga Guru Profesonal (Gr) pada hari Selasa (30 April 202).

 

Para guru tersebut berhasil menyelesaikan program pelatihan dan uji kompetensi dengan hasil yang memuaskan dan siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa depan. Hadir dalam acara pengukuhan tersebut perwakilan Kantor Kementian Agama Kalimantan Barat, Rektor IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Syarif, MA.,  Dekan FTIK IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Hermansyah, M.Ag., Wakil Dekan, Kabag TU FTIK  H. Tommy Hardiansyah, SE., MM., Ketua Prodi PPG, Ana Rosilawati, M.Ag.,  jajaran Dosen, Guru Pamong, jajaran pengelola Prodi PPG.


 

Kaprodi PPG Ana Rosilawati, M.Ag menjelaskan bahwa Dari 63 orang peserta ujian first taker yang mengikuti ujian UKMPPG, terhitung 61 orang atau 96, 83% dinyatakan lulus. Sementara dua orang atau 3,17% dinyatakan tidak lulus. Sedangkan dari 20 orang re-taker, tercatat ada 16 orang yang lulus dan 4 orang yang tidak lulus. Sehingga total dari 83 orang peserta ujian, 77 orang atau 92,77% dinyatakan lulus, dan 6 orang atau 7,23% dinyatakan tidak lulus. 

 

Ana Rasilawati bersyukur atas hasil tersebut. Ia menilai bahwa hasil tersebut sangat memuaskan. “Ini capaian yang sangat luar biasa yang harus kita syukuri dan harus dipertahankan bahkan kita tingkatkan kembali. Kalau sebelumnya K-1 kita bisa maraih 89,72%, pada K-2 ini kita bisa 92,77% ini raihan yang harus kita syukuri. Yang membanggakan, kita peringkat ke 7 diantara PTKIN yang ditunjuk kemenag untuk menyelenggarakan PPG, dan perngkat pertama diantara IAIN yang menyelenggarakan PPG," ujarnya penuh bahagia.

 

Ana Rasilawati mengucapkan Selamat kepada Bapak/Ibu guru yang sudah dikukuhkan pada hari ini,  terus semangat dan kreatif dalam menjalankan tugasnya mengajar di lembaga masing-masing. Ingat bahwa program PPG merupakan benteng terahir bagi terwujudnya kualitas guru dalam menghadapi kompleksitas permasalahan dan tantangan pendidikan saat ini.


”Guru profesional adalah guru-guru yang menginspirasi, menggairahkan, dan mencerdaskan peserta didik, Disiapkan melalui suatu sistem pendidikan di LPTK yang modern dan bermutu dengan menggunakan kurikulum yang adaptif terhadap tuntutan masa depan. Diterapkan dengan prinsip pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan," ungkapnya.

 

Dekan FTIK IAIN Pontianak Prof. Hermansyah berpesan dan mengingatkan kepada para guru yang telah dikukuhhkan agar selalu meng-update diri terhadap perubahan teknologi.


“Perubahan adalah sebuah keniscayaan, apalagi globalisasi menuntut banyak aspek secara dinamis menyesuaikan dengan segala perubahan dan kompetisi globalisasi memberikan tantangan tersendiri bagi guru. Semoga para lulusan dan guru yang telah dikukuhkan dan di akui sebagai guru profesional dapat terus mengembangkan diri dan memberikan kontribusi yang positif dalam dunia pendidikan,”jelasnya.

 

Kakanwil Kemenag Kalbar melaui  Kabid Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Papkis) Drs. H. Nahruji, M.Si, ucapkan selamat dan harapnnya kepada para guru yang telah dikukuhkam sebagai guru profesional.

 

”Selamat kepada Bapak/Ibu yang telah dikukuhkan sebagai guru profesional pada hari ini, dan kami berharap agar pengukuhan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas diri sebagai pendidik dalam memajukan pendidikan di negeri ini. Kehadiran Bapak/Ibu semua sebagai guru profesional diharapkan dapat mengembangkan pengalaman dan ilmunya untuk memajukan dimasing-masing sekolah/madrasah khususnya di dunia pendidikan.”  ujarnya.

 

Rektor IAIN Pontianak dalam sambutanya ia berharap kepada para Guru yang telah dikukuhkan tugasnya semakin berat, guru profesional tidak hanya berhenti sampai telah dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat, yang terpenting adalah harus mampu memberikan pelayanan pendidikan terbaik dan memastikan para peserta didk mendapat layanan pendidikan yang baik serta memiliki Akhlakul Karimah.


”Saya berpesan agar para guru senantiasa mengajarkan nilai-nilai moderasi beragam kepada peserta didik sejak dini. Artinya, kompetensi yang baik secara intelektual merupakan harapan bersama, tetapi memastikan bahwa anak-anak Indonesia dapat hidup berdampingan dengan orang lain yang berbeda dengannya adalah sebuah keharusan dengan tetap mempedomani nilai-nilai agama Islam.”ungkapnya.


Dr. H. Syarif, MA selaku Rektor IAIN Pontianak mengapresiasi kinerja pengelola dan mengucapkan selamatkan atas kelulusan mahasiswa PPG dalam jabatan yang dikukuhkan hari ini. Beliau berpesan agar mengutamakan Akhlakul Karimah sebagai Guru PAI maupun Guru Madrasah.

 

Acara pengukuhan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Guru Profesional yang dipimpin oleh salah seorang lulusan bernama Aspar Ridwan Lubis, kemudian dilanjutkan penyampaian pesan dan kesan oleh  mahasiswa PPG dalam jabatan di LPTK IAIN Pontianak.

 

Pesan dan kesan diwakili oleh Asy’ari Said asal Kabupaten Kayong Utara mewakili para mahasiswa, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada LPTK IAIN Pontianak, para dosen dan pengelola PPG atas kesempatan yang diberikan untuk menimba ilmu kependidikan melalui program Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan. Acara diakhiri dengan pembacaan doa.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 30-04-2024 Jam: 23:45:27 | dilihat: 37 kali