PTAIN Semakin Diminati




GEMA-Keberadaan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) semakin menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Pasalnya, hari ini sebanyak 53 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang ada di seluruh wilayah Indonesia serentak menggelar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) Jalur Tulis, Selasa (25/6).

Panitia Lokal (Panlok) UIN Maliki Malang menggelar konferensi pers terkait SPMB-PTAIN. Dede Rosyada selaku Ditjen Pendis Kemenag RI yang hadir dalam konferensi pers mengatakan, peserta yang ikut tahun ini lebih banyak dibanding tahun kemarin. “Dari data yang dihimpun oleh panitia tercatat sebanyak 108.716 peserta yang mengikuti SPMB-PTAIN Jalur Tulis, jumlah ini belum digabungkan dengan peserta dari Jalur Prestasi Akademik sebanyak 64.000 peserta,” ujar Dede dihadapan pers.

“Tahun ini program studi (prodi) yang paling diminati adalah Pendidikan Agama Islam (PAI), yang kemudian disusul oleh jurusan ekonomi syariah/perbankan syariah. Ini membuktikan adanya peningkatan dari tahun ke tahun. Walaupun tidak signifikan, namun prodi agama tidak bisa dikatakan langka peminat, kenyataannya prodi-prodi tersebut sangat diminati oleh masyarakat,” tambahnya.

Rektor UIN Maliki Malang, Mudjia Rahardjo membenarkan adanya peningkatan jumlah peserta dalam SPMB-PTAIN tahun ini. “Peserta yang masuk di PTAIN terus meningkat.Apalagi untuk UIN Maliki sendiri yang juga sebagai sekretariat SPMB-PTAIN di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Helmi Syaifuddin, di UIN Maliki sendiri jurusan PAI sangat diminati oleh pemilih yang ingin melanjutkan pendidikan di PTAIN, posisi berikutnya diikuti jurusan Teknik Informatika (TI).“PAI UIN Maliki pada SPMB-PTAIN kali ini diminati 553 orang, sedangkan untuk TI dipilih oleh 463 orang,” tutur Seksi Pelaksana Ujian tersebut. (Sumber: WEBSITE UIN MALANG)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 29-06-2013 Jam: 05:56:33 | dilihat: 1493 kali