Pengantar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Di tengah perkembangan Revolusi 4.0, kepercayaan masyarakat kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) justeru semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa pada PTKI.

Pengembangan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia juga telah dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis). Dalam kurun beberapa tahun terakhir, buah dari kebijakan pengembangan pendidikan tinggi keagamaan Islam tidak hanya menghasilkan peningkatan kapasitas kelembagaan PTKI melalui transformasi kelembagaan, namun juga berdampak pada meningkatnya jumlah profesor; meningkatnya jumlah dosen yang doktor; meningkatnya produktivitas dosen dalam bentuk publikasi karya ilmiah, HKI, dan Paten; semakin banyaknya jurnal yang terakreditasi nasional dan internasional; serta semakin banyaknya program studi dan perguruan tinggi yang meraih akreditasi Unggul/A di lingkungan Diktis.

Fakta ini tentu saja menjadi pelecut bagi Diktis untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan pendidikan tingi keagamaan Islam. Atas dasar itu, dalam kurun beberapa tahun kedepan, Diktis mengajak para Pimpinan PTKI untuk fokus kepada beberapa kebijakan prioritas berikut: Pertama, peningkatan tatakelola BLU; Kedua, mendorong lahirnya berbagai inovasi berbasis hasil penelitian dosen yang bermanfaat bagi masyarakat atau dunia industri; Ketiga, akreditasi program studi dan institusi oleh lembaga nasional dan internasional; Keempat, optimalisasi berbagai program internasionalisasi yang digagas oleh Ditjen Pendidikan Islam; Kelima, penguatan tatakelola layanan PTKI berbasis sistem informani manajemen; dan Keenam, penguatan rumah moderasi beragama di seluruh PTKI.

Akhirul kalam, saya mengajak kepada seluruh pegawai Diktis dan sivitas akademika PTKI untuk terus fokus dan mengabdi dengan sungguh-sungguh supaya berbagai target kerja yang tercermin dalam kebijakan prioritas dapat tercapai secara optimal.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Direktur Diktis,

Prof. Dr. Suyitno, M.Ag.