BERHARAP DARI SELEKSI DOSEN TETAP BUKAN PNS DI STAIN PAMEKASAN




Pamekasan (18/05). Hari ini, STAIN Pamekasan melakukan Seleksi Dosen Tetap Bukan PNS di Gedung Baru Kampus I STAIN Pamekasan. Seleksi ini diikuti oleh 105 orang peserta dan dibuka secara resmi dengan penyerahan soal ujian secara simbolis oleh Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd dan disaksikan oleh Wakil Ketua I STAIN Pamekasan, H. Ahmad Mulyadi, MA., dan Civitas Akademika STAIN Pamekasan lainnya.

Seleksi ini merupakan tindak lanjut dari Amanah PMA No 3 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Dan Dosen Tetap Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta dan diatur oleh Keputusan Dirjen Pendidikan Islam dalam Petunjuk Teknis Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil No 688 Tahun 2016.

Khusus untuk STAIN Pamekasan, kuota formasi yang telah ditentukan sebanyak 60 formasi yang akan disebar di beberapa Program Studi. Targetnya adalah pemenuhan kuota dosen tetap di masing-masing Prodi sesuai Edaran Dirjen Kelembagaan Iptek dan DIKTI Tahun 2015. Oleh sebab itu, maka pemenuhan kebutuhan nisbah dosen dan prodi serta nisbah dosen dan mahasiswa menjadi keharusan apabila status STAIN Pamekasan sebagai PKIN di Pulau Garam ini tidak ingin dinon-aktifkan dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi.

Setidaknya, seleksi dosen Tetap Bukan PNS di STAIN Pamekasan yang dilaksanakan pada hari ini hingga tanggal 20 Mei mendatang, dapat menjembatani persoalan tersebut. Sehingga, status STAIN Pamekasan yang sedang mengajukan alih status menjadi Institut Islam Negeri (IIN) Madura ini dapat terhindar dari pembekuan sementara di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan yang terpending, dapat memberikan layanan secara maksimal kepada mahasiswa didiknya.

Dalam kesempatan terpisah, Ahmad Mulyadi menjelaskan bahwa pendaftar pertama untuk Dosen Tetap Bukan PNS di STAIN Pamekasan ini sebanyak 115 orang. kemudian tahap berikutnya hanya 110 orang yang melakukan finalisasi data secara online. setelah dilakukan seleksi administrasi, maka sebanyak 79 orang dinyatakan lulus administrasi untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Hal ini disebabkan STAIN Pamekasan telah menetapkan seleksi ketat dan syarat khusus untuk calon peserta, semisal IPK minimal 3,50 sehingga yang dibawah nilai rata-rata tidak akan lulus seleksi administrasi.

“Setelah Tes Kemampuan Dasar yang dilaksanakan pada hari ini, maka akan dilanjutkan dengan Tes Kemampuan Bidang pada tanggal 20 mendatang. Hasil rekapitulasinya dan pengumuman kelulusan akan disampaikan setelah tanggal 23 mendatang.” Jelasnya. [Rafiq]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 18-05-2016 Jam: 11:04:28 | dilihat: 1293 kali