Dalam 5 Bulan UIN KHAS Jember Antarkan 7 Prodi Beroleh Akreditasi Unggul

UIN KHAS Jember berhasil mengukir prestasi yang cukup prestisius. Sebanyak 7 prodi yang melakukan proses reakreditasi berhasil menyabet predikat Unggul.


(UIN Khas Jember)

UIN Khas Jember -- Terhitung sejak November 2023 sampai Maret 2024, UIN KHAS Jember berhasil mengukir prestasi yang cukup prestisius. Sebanyak 7 prodi yang melakukan proses reakreditasi berhasil menyabet predikat Unggul.


Enam prodi Unggul ditorehkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan meliputi Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Tadris Bahasa Inggris (BI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).


Sedangkan 1 Prodi Terakreditasi Unggul lainnya disabet oleh Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah) pada Fakultas Syariah. 


Rektor UIN KHAS Jember  Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM memberikan apresiasi kepada segenap jajaran kedua fakultas yang sudah bekerja keras dalam mewujudkan salah satu dasa cita rektor yakni akreditasi unggul.


Apresiasi juga diberikan oleh rektor kepada semua pihak yang telah memberikan support dan kontribusi selama proses pelaksanaan akreditasi sehingga membuahkan hasil yang menggembirakan, predikat akreditasi Unggul. 


"Alhamdulillah, 7 prodi kita beroleh predikat Unggul. Semua ini tidak bisa terwujud tanpa kerja keras dan kerja cerdas semua pihak wa bil khusus tim kerja FTIK dan Fakultas Syariah. Sungguh ini adalah kado istimewa dan nikmat teramat besar yang Allah berikan kepada UIN KHAS Jember yang tengah berjuang mewujudkan amanah dari kementerian Agama RI. Atas karunia dan nikmat ini kita semua wajib mensyukuri,” ujarnya. 


Lebih lanjut, Prof Hepni berharap agar segenap pejabat di lingkungan UIN KHAS Jember terus menjaga komitmen dan konsistensinya dalam mewujudkan dasa cita rektor salah satunya akreditasi Unggul.


"Postur anggaran dan desain program kerja harus diorientasikan dan sekaligus berdampak positif bagi pencapaian akreditasi Unggul. Jangan sampai penganggaran program kegiatan tidak ada korelasinya dengan cita-cita akreditasi Unggul," pesannya.


Tidak instan

Di kesempatan lain, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag, M.Si, menegaskan bahwa keberhasilan 7 prodi dalam menaikkan level status akreditasinya menjadi Unggul, tidaklah dicapai dengan instan. Keberhasilan ini melibatkan proses panjang mulai dari penyiapan borang akreditasi sampai pelaksanaan Asesemen Lapangan (AL).


Keberlanjutan dan sinergitas antar-tim kerja dari periode sebelumnya (2019-2023) ke periode baru di bawah kepemimpinan Prof. Hepni, S.Ag, M.M (2023-2027), merupakan sejumlah faktor yang turut andil besar dalam mendorong keberhasilan 7 prodi beroleh predikat akreditasi Unggul.


Prof Amal berharap prestasi yang sudah berhasil ditorehkan oleh ketujuh prodi tersebut, dapat menjadi virus positif dalam memicu dan memacu semangat prodi-prodi lainnya di tingkat S1, S2 dan S3 untuk segera terakreditasi Unggul.


"Capaian akreditasi unggul juga diharapkan dapat kian meningkatkan reputasi akademik dan kelembagaan UIN KHAS Jember terutama di level Nasional," katanya. 

Penetapan prodi unggul pada 5 prodi di FTIK dan 1 prodi di Fakultas Syariah oleh BAN-PT, menambah jumlah prodi Unggul di UIN KHAS Jember. Sebelumnya, predikat akreditasi unggul diraih oleh 3 prodi yang semuanya ada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH), yaitu Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Prodi Ilmu Hadis (ILHA) dan Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI). 


Dengan modal 10 prodi Unggul, UIN KHAS Jember semakin optimistis untuk menyongsong APT (Akreditasi Perguruan Tinggi) Unggul untuk periode 2024 ini.

Saat ini Tim Kerja APT Unggul tengah mempersiapkan penyusunan borang akreditasi yang direncanakan siap submit pada April 2024.


"Semoga ikhtiar yang dilakukan oleh UIN Khas Jember dalam mempersiapkan reakreditasi institusi beroleh hasil yang menggembirakan, yakni predikat APT Unggul. Amin ya Rabbal ‘alamin," ujar Prof Amal.  

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 21-03-2024 Jam: 01:28:58 | dilihat: 55 kali