Dari Lokakarya Nasional “Pemberdayaan Masyarakat” Prof. Kamaruddin Amin: “PTKI HARUS MENJADI




Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Kamaruddin Amin menyatakan bahwa Perguruan Tinggi tidak boleh disconnected dari masyarakat. Sebaliknya PT harus involved dengan dan bersama masyarakat. Hal ini dikatakan Dirjen Pendis saat menjadi pembicara pertama talkshow Lokakarya Nasional “Pemberdayaan Masyarakat untuk Mendorong Terwujudnya Tata Kelola Demokratis melalui Kemitraan antara Universitas dengan Para Pemangku Kepentingan” di Hotel Redtop Jakarta (Selasa, 17/11). Pak Dirjen yang tampil bersama dengan Prof. Paulina Panen, staf Kemenristek Dikti, mengemukakan bahwa kurikulum di PT selama ini jarang memasukkan stakeholders misalnya dunia industri dan dunia kerja sebagai mitra produktif. “Kurikulum PTKI banyak yang mismatch karena tidak connect dengan kebutuhan dunia kerja dan stakeholders atau users”, tegasnya.

Kamaruddin menekankan pentingnya PT mengundang masyarakat ke dalam kegiatan mereka di kampus, mendengar apa yang mereka butuhkan. Mengajak mereka terlibat. “Disinilah University-Community Engagement atau UCE yang diinisiasi Project SILE menemukan relevansinya bagi kampus”, kata Kamaruddin sembari menambahkan agar mahasiswa dikenalkan sejak awal tentang konsep-konsep UCE atau kemitraan kampus dan masyarakat.

University-Community Engagement (UCE) merupakan model baru dan konsep baru yang digagas Project SILE bekerjasama dengan Kementerian Agama dan dua PT-mitra yakni UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Alauddin Makassar. UCE ini sebagai transformasi dari konsep “pengabdian kepada masyarakat” yang selama ini menjadi tri-dharma pendidikan tinggi selain penelitian dan pendidikan. Dharma pengabdian selama ini cenderung top-down approach yang dilakukan perguruan tinggi untuk atau kepada masyarakat. Tapi dengan konsep UCE ada perubahan dengan pola kemitraan, kesejajaran antara perguruan tinggi dan masyarakat. “UIN Makassar dan UIN Surabaya harus menjadi leading universities on UCE”, harap Kamaruddin. Dirjen menambahkan, “Project SILE telah meletakkan landasan konsep UCE yang baik, perlu diperkuat dan dilembagakan secara kokoh di PTKI.[M452Q]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 18-11-2015 Jam: 20:22:30 | dilihat: 662 kali