DIKTIS GELAR TES SELEKSI BEASISWA TIMUR TENGAH




Diktis (Aceh, 19/06/2016) -- Hari ini Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) menggelar tes seleksi beasiswa dan non beasiswa S1 perguruan tinggi luar negeri tahun 2016. Ini merupakan kegiatan tahunan untuk menjaring lulusan MA/SLTA yang berminat melanjutkan belajar ke sejumlah perguruan tinggi di negara-negara Timur Tengah, khususnya Mesir, Sudan dan Maroko. Tes seleksi yang diikuti tidak kurang dari 4000 peserta tersebut diselenggarakan di sembilan titik, yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Sumatera Utara, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Alauddin Makassar dan IAIN Antasari Banjarmasin.

Tes seleksi meliputi dua bentuk, yaitu 1) tes tertulis berbahasa Arab dengan materi pemahaman teks, tata bahasa dan pengetahuan agama Islam, dan 2) tes lisan dengan materi percakapan (muhadatsah), pengetahuan agama Islam dan hafalan Al-Qur’an minimal dua juz.

Ketika dimintai konfirmasi tentang jumlah kuota beasiswa, Kepala Seksi Kerjasama Diktis Rudi Ambary mengatakan bahwa tahun ini Diktis hanya akan mengambil 55 peserta yang mendapatkan nilai tertinggi. Mereka inilah yang akan mendapatkan beasiswa ke Mesir (20 orang), ke Sudan (20) dan ke Maroko (15). “Selebihnya, mereka akan dinyatakan lolos seleksi non beasiswa jika nilai tesnya mencapai 70 ke atas,” tandas Rudi.

Sampai berita ini diturunkan, ujian lisan masih berlangsung. [Mizan]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 19-05-2016 Jam: 16:09:52 | dilihat: 2483 kali