Kunci menjadi PTKIN Kelas Dunia : Riset, Publikasi Internasional dan Networking yang kuat




Diktis (15/09/16) Dalam rangka internasionalisasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam menyelenggarakan kegiatan Workshop on Academic Reputation Management di bogor tanggal 15 s/d 17 September 2016, peserta dalam kegiatan adalah Direktur Pascasarjana dan Wakil Rektor Bidang Akademik, dan juga menghadirkan narasumber dari Western Sydney University, serta pakar yang sudah berpengalaman dalam melakukan riset Managing Higher Education in a Modern World. Salah satu pengisi yaitu Prof. Dr. Raihani, Ph.D yang telah melakukan riset di Western Australia University, serta, Prof Dr. Yudian W Asmin, Ph.D yang pernah menjadi tamu di Harvard University dan Prof Dr. Jamhari,MA yang memiliki networking, praktisi dan akademisi di Australia. Ketiga narasumber tersebut memaparkan pengalaman serta tips untuk memperkuat budaya akademik PTKI sampai dua hari kedepan.

Dalam acara pembukaan yang dipimpin oleh Kasubdit Pengembangan Akademik, Dr. Muhammad Zain memberikan pengantar dalam forum ini, pengembangan dunia Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam saat ini, dalam hal reputasi dan daya saing bangsa didukung oleh Pasca Sarjana, oleh karena itu Direktur Pascasarjana dan Wakil Rektor Bidang Akademik harus bisa memberikan kontribusi. Untuk hasilnya nanti bisa menjadi bahan kebijakan dan regulasi,dalam bahan penguatan akademik, dan juga dalam lingkup secara nasional, regional, dan internasional.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA Direktur Pendidikan Tinggi Islam memberikan pengarahan, dimana dalam pemberian pengarahan, beliau menekankan untuk saat ini transformasi dari STAIN menjadi IAIN dan juga IAIN yang menjadi UIN, tidak hanya berubah dalam kelembangaan saja, akan tetapi kualitas juga harus diperhatikan, terutama kualitas akademik. Dalam kesempatan yang sama Direktur Pendidikan Tinggi Islam berterima kasih kepada Gareth Lewis, BA MBus dari Western Sydney University, salah satu narasumber yang sudah datang ke acara ini yang seharusnya harus ke negara lain yaitu Vietnam dan Singapura.

Narasumber dalam pembukaan hari ini adalah dari Western Sydney University, Mr. Gareth menuturkan beberapa kunci sukses perguruan tinggi untuk bisa masuk dalam rangking kelas dunia, salah satunya harus menancapkan visi untuk ekspansi kelas internasional, yang dikuti beberapa strategi antara lain : penguatan budaya akademik, networking dan publikasi internasional.

Dengan adanya forum ini, diharapkan semoga PTKIN di Indonesia kedepan nantinya, bisa menuju perguruan tinggi yang berkualitas kelas dunia.(ars)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 16-09-2016 Jam: 08:05:59 | dilihat: 1280 kali