Mamat S Burhanuddin: Litapdimas untuk Mereduksi Plagiarisme




Kendari (Diktis) – Untuk mendokumentasikan pelbagai laporan hasil penelitian dosen, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam melalui Subdit Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat telah meluncurkan pangkalan data penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Pangkalan data tersebut bisa diakses pada laman http://litapdimas.kemenag.go.id/.

“Pangkalan data litapdimas menjadi wadah penyediaan data bagi akademisi dan masyarakat luas untuk mengetahui perkembangan kajian akademik di perguruan tinggi keagamaan Islam”, demikian disampaikan Dr. Mamat S Burhanuddin pada acara Temu Konsultasi Jaringan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kendari (19/05).

Kontribusi PTKI dalam dunia keilmuan, dibaca atau tidaknya, dikutip atau tidaknya karya-karya dosen PTKI oleh komunitas dunia begitu bergantung pada originalitas karya-karya yang dilahirkan. Karena itu, untuk menjamin originalitas karya, menurut Mamat perlu disediakan pusat pangkalan data penelitian di lingkungan PTKI. “Kami berharap, penelitian-penelitian dosen tidak hanya sekedar repitisi dan duplikasi. Pertanyaan lama harus dijawab dengan metode dan pendekatan baru untuk melahirkan originalitas. Pertanyaan dan metode lama juga harus dijawab melalui sumber baru. Nah, untuk melihat perdebatan akademik itu, pangkalan data ini akan sangat membantu”, ungkap Mamat.

Selain itu, dikatakan Mamat, pangkalan data tidak hanya sekedar pendokumentasian semata, namun juga untuk mengurangi plagiarisme “Pangkalan data ini akan mereduksi plagiarisme karena semua hasil penelitian akan terdeteksi. Semua masyarakat akademik dapat mengaksesnya”, tegas Mamat.

Menurut Anis Masykhur, Kasie Penelitian, pangkalan data ini akan terus dikembangkan. Untuk tahun 2016, pangkalan data masih sebatas pusat pangkalan data untuk laporan hasil penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Tahun berikutnya, pangkalan data ini akan dikembangkan sebagai pangkalan data meliputi tesis dan disertasi dari seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam. “Setelah melakukan sosialisasi kepada sekretaris LP2M di Bekasi dan Kendari, pangkalan data ini telah berisi 554 laporan hasil penelitian dari beberapa perguruan tinggi. Kedepan, laman litapdimas akan dikembangkan sebagai pusat data perkembangan kajian akademik di perguruan tinggi, seperti tesis dan disertasi”, jelas Anis dalam beberapa kesempatan. (wild)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 20-05-2016 Jam: 14:27:19 | dilihat: 2152 kali