Mudahnya Fasilitas Beribadah bagi Mahasiswa Muslim di Kampus Goethe Frankfurt, Jerman




Jerman (27/10). Tinggal di salah satu Negara Eropa dengan segala kebebasannya adalah sebuah pengalaman yang berharga, bagaimana kita dapat beradaptasi dan meyikapi dengan bijak dalam beraktifitas. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dan biasanya kita mudah mendapatkan di Indonesia dan tak perlu memikirkannya secara serius. Tapi di negara seperti Jerman harus kita pikirkan dan jangan malu atau sungkan untuk bertanya kepada teman atau pun orang Islam yang hidup di negara ini.

Misalnya bagaimana mencari, membeli, dan memilih makanan halal di sini. Harus hati-hati membeli. Tetapi Alhamdulillah, ulama di Jerman selalu menyediakan dan mengupdate informasi seputar makanan yang harus dihindari karena mengandung bahan dan zat yang haram untuk dikonsumsi.

Muslim khususnya di Frankfurt tidak mendapatkan kesulitan untuk menunjukkan eksistensinya sebagai brother dan sister. Mereka khususnya para wanita tak canggung menunjukkan eksistensinya sebagai wanita muslimah. Malah mereka sangat fashionable dengan corak dan style yang trend tanpa mengurangi aturan berpakaian yang baik sebagai muslimah.

Di dunia pendidikan seperti di kampus, tak banyak mahasiswi muslim dan memakai hijab. Tetapi ini menjadi perhatian dan menarik untuk dilihat bahwa mereka biasa bergaul dengan mahasiswa yang non muslim lainnya. Segala aktivitas mereka tak terhalang dengan hijab yang mereka kenakan. Malah mereka semakin nyaman dan tenang dengan apa yang dipakai oleh mereka.

Selain kebebasan memakai hijab di negeri sekular ini, ada sesuatu yang semakin manambah nyaman dan tenang bagi mahasiswa muslim yang sedang study di Goethe University. Pihak universitas menyiapkan ruanga ibadah dengan design yang unik dan tempat wuduk yang sagat baik di kampus baru.

Ruang yang unik ini, dapat dimasuki oleh agama lain, di antara mereka yang ingin merenung diri sebagai tempat mediasi. Tempat praying room ini selalu dipenuhi oleh mahasiswa/i muslim yang mau beribadah. Tersebutlah Nadia, mahasiswa berasal dari Palestina, Hasan dari Mesir, Ihsan dari Pakistan mengatakan bahwa pihak kampus menyiapkan tempat ibadah baik di kampus lama di Bokenheimen Warte dan Westend Universitet di kampus baru. Tempat wudhu yang bersih adalah presentasi bahwa Islam adalah suka sesuatu yang bersih dan Indah. Ini adalah cerminan bahwa kebersihan itu sebagian dari Iman.

Dapat diambil sebuah pelajaran bahwa menuntut ilmu di negeri-negeri barat seperti Jerman, belum tentu susah sebagai muslim untuk beribadah, Alhamdulillah pihak kampus menyiapkan tempat beribadah bagi pelajar muslim lokal dan internasional yang sedang melanjutkan studynya di sini. (Ismail Sulaiman, melaporkan dari Frankfurt)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 28-10-2015 Jam: 15:41:02 | dilihat: 1006 kali