Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin : Guru Besar adalah Etalase Perguruan Tinggi




Jakarta (Diktis/29/11) Direktorat Pendidikan Tinggi Islam untuk pertamakalinya menyelenggarakan Konferensi Guru Besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Sebanyak 415 guru besar PTKI berkumpul untuk mendiskusikan beberapa permasahalan yang dihadapi PTKI di Hotel The Media, Jakarta dari tanggal 29 November – 1 Desember 2015.

Dalam sambutan pembukaan konferensi, Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa guru besar adalah etalase sebuah perguruan tinggi. “Kualitas guru besar di perguruan tinggi juga banyak menentukan kualitas sebuah perguruan tinggi. Karena itu, sebagai etalase perguruan tinggi, para guru besar harus memberikan peran fundamental dalam kemajuan pendidikan Islam di Indonesia”, demikian paparan Dirjen.

Dengan jumlah guru besar yang banyak di PTKI, Dirjen optimis Indonesia akan menjadi destinasi pendidikan Islam dunia. Dikatakan Dirjen, Indonesia memiliki modal sosial untuk menjadi kiblat model pendidikan Islam. “Dengan jumlah guru besar yang banyak, model pendidikan yang distingtif serta sumberdaya manusia yang mendukung, Indonesia kedepan akan menjadi pusat studi Islam dunia”, ungkap guru besar UIN Alauddin Makassar itu.

Konferensi guru besar ini dikemas dalam format dialog produktif untuk mengaktualisasikan keilmuan para guru besar dalam kerja akademik dan mempromosikan guru besar di dunia internasional. Beberapa permasalahan yang diangkat diantaranya perumusan kembali konsorsium keilmuan PTKI, peran akademik profesor di PTKI, internasionalisasi karya-karya akademik PTKI. Selain itu, juga ada evaluasi dan kategorisasi rumpun ilmu dan program Islamic Studies di PTKI, mainstreaming integrasi keilmuan sebagai distingsi PTKI, serta kapita selekta penyelenggaraan pendidikan di PTKI yang meliputi Beban Kerja Dosen, disiplin pegawai, dan pengembangan karir dosen. (wild-n)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 30-11-2015 Jam: 13:06:53 | dilihat: 2039 kali