PTKIN Berkomitmen Menyajikan Data Yang Valid Pada PD Dikti




(Palangkaraya, Diktis) Direktorat Pendidikan Tinggi Islam menyelenggarakan FGD pengembangan sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) di Palangkaraya pada 13-14 April 2016. FGD ini diselenggarakan dalam rangka evaluasi PD-Dikti dan pelaporan semester gasal tahun 2015/2016. FGD diikuti seluruh operator dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan perwakilan Operator PD-Dikti Kopertais wilayah I-XIII.

Dalam Sambutannya Rektor IAIN Palangkaraya, Dr. Ibnu Elmi AS Pelu, SH., MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam atas kepercayaanya kepada kami sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. Ini adalah amanah dan sebagai tuan rumah pastinya kami akan berusaha menghadirkan data yang valid, ujarnya saat sambutan.

Sementara Kasubdit Kelembagaan, Dr. Mastuki, M.Ag menyampaikan bahwa PD-Dikti sebagai amanah Undang-undang 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi sudah menjadi rujukan pemerintah, lembaga akreditasi dan masyarakat. Oleh karena itu validitas data pada PD-Dikti wajib adanya, ujarnya saat menyampaikan pengarahan. Tidak hanya jumlah program studi, jumlah pendidik namun juga transaksi jumlah mahasiswa yang aktif, cuti, do dan lulus harus terekam jelas dan pasti disetiap semesternya, tegasnya lebih lanjut.

Sebagai garda terdepan kawan-kawan operator harus lebih maksimal dalam mengelola Pd-Dikti perguruan tingginya masing-masing, pesan Mastuki mengakhiri pengarahan.

Menurut Kasi Pembinaan Kelembagaan, Lelis Tsuroya, M.Si secara teknik pelaporan disetiap perguruan tinggi sudah tidak ada kendala, yang diperlukan saat ini adalah kebijakan pimpinan perguruan tinggi yang pro terhadap PD-Dikti. Dalam waktu dekat kami akan memberikan peringatan dan sanksi terhadap perguruan tinggi yang masih abai terhadap Pd-Dikti, tegas Lelis.

Menurut Slamet Siswanto, M.Kom salah satu tim Integrasi Sistem Informasi Akademik Feeder (INSAF) berkomitmen membantu bagi para operator yang mengalami kesulitan dalam pelaporan. Kami siap dan berkomitmen untuk menyajikan data PD Dikti yang valid dan bisa dijadikan rujukan masyarakat, tegasnya saat sosialisasi aplikasi INSAF.

“Untuk menambah keakraban antar operator panitia menutup acara FGD Pengembangan Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan family gathering, acara ini kami rancang dengan tujuan supaya operator ini saling mengenal dan lebih akrab,” tegas Muklis Rohmadi selalu panitia dan kepala UPT TIPD IAIN Palangkaraya. (4L1F).

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 16-04-2016 Jam: 17:23:50 | dilihat: 1030 kali