Rektor UIN Ar-Raniry Dorong Mahasiswa PPKPM Berprestasi dalam Pengabdian Masyarakat

Sebanyak 662 Mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Keuangan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar - Raniry, Banda Aceh, mengikuti pembekalan Praktik Profesi Keguruan dan Pengabdian Masyarakat (PPKPM). Kegiatan berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kampus setempat, pada Sabtu, 27 Januari 2024.<br>


(Rektor UIN Ar-Raniry Dorong Mahasiswa PPKPM Berprestasi dalam Pengabdian Masyarakat)

Banda Aceh (Pendis) ---- Sebanyak 662 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, mengikuti pembekalan Praktik Profesi Keguruan dan Pengabdian Masyarakat (PPKPM). Kegiatan berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus setempat, Sabtu (27/1/2024).


Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman, menjelaskan bahwa PPKPM merupakan gabungan antara Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang bertujuan untuk mempercepat studi mahasiswa di FTK UIN Ar-Raniry.


"PPKPM dirancang sebagai solusi atas kendala mahasiswa dalam menyelesaikan studi delapan semester. Kami mengintegrasikan PPL dan KPM dalam satu semester," ungkap Mujib.


Mujib juga mendorong peserta PPKPM untuk memberikan kontribusi positif saat terlibat dalam kegiatan pengabdian di lapangan, serta menegaskan pentingnya menampilkan performa terbaik sebagai cerminan kualitas mahasiswa dari kampus terakreditasi unggul.


"Ketika turun ke lapangan, tampilkan performa terbaik. UIN Ar-Raniry telah diakui sebagai kampus unggul. Tunjukkan bahwa kita mampu memberikan solusi dan kontribusi yang positif," ujar Mujib.

Sementara itu, Dekan FTK UIN Ar-Raniry Safrul Muluk mengucapkan terima kasih kepada panitia dan berpesan kepada peserta PPKPM untuk menjaga nama baik kampus serta nilai keislaman saat berinteraksi dengan masyarakat.


"Mahasiswa adalah wajah dari UIN Ar-Raniry. Tunjukkan sikap yang Islami dan manfaatkan peluang ini sebagai sarana sosialisasi kampus,"Safrul.


Ketua Panitia PPKPM, Dr. Aiyub SAg MPd, melaporkan bahwa jumlah peserta PPKPM FTK UIN Ar-Raniry Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 662 mahasiswa, dengan 501 perempuan dan 161 laki-laki. Mereka terbagi menjadi tiga klaster, yaitu 623 peserta PPL sekaligus KPM, 36 peserta PPL, dan 3 peserta KPM.


Peserta PPL akan ditempatkan di 51 sekolah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, dengan rincian 9 RA/TK, 14 MI, 12 MTS, 9 MA, dan 7 SMK. Sedangkan KPM dilaksanakan di 90 gampong di Kota Banda Aceh.


Kegiatan pembekalan PPKPM ini dihadiri oleh tiga narasumber: Dr. Rasyidah MAg, Dr. M Duskri MKes, dan Dr. Sri Suyanta MA, serta dihadiri oleh para wakil dekan, ketua program studi, dosen, dan staf di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry.


Sumber Berita : https://pendis.kemenag.go.id/read/rektor-uin-ar-raniry-dorong-mahasiswa-ppkpm-berprestasi-dalam-pengabdian-masyarakat

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 28-01-2024 Jam: 09:52:42 | dilihat: 174 kali