Sekjen Kemenag Ingatkan Jajarannya untuk Tidak Tenggelam dalam Perkembangan Zaman



(Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S. TP, MT (Sekretaris Jenderal Kementerian Agama))

Tangerang – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani mengajak jajarannya untuk selalui siap dalam merespon perkembangan zaman, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai fundamental dalam keberagamaan.

“Kalau kita belajar dari Albert Einstein, Albert Einstein pernah mengatakan ukuran intelektualitas seseorang adalah ability to change, seberapa jauh dia berubah,” ungkapnya saat membuka acara Bimbingan Mental dengan tema Menjadi ASN yang Profesional dan Moderat dalam Keberagaman di ICE BSD Tangerang Selatan, Rabu, 2 April 2024.


Menurutnya, perubahan dalam segala aspek kehidupan sosial masyarakat tentu tidak dapat terelakkan, dan telah menjadi dinamika perkembangan zaman. Kendati demikan, ASN Kementerian Agama harus mampu mempertahankan nilai-nilai fundamental terutama nilai-nilai keberagamaan dan keberagaman.

“Perubahan adalah sebuah hal yang niscaya, tetapi meluruh bersama dinamika perkembangan zaman dengan kehilangan identitas itu adalah sebuah kesalahan,” tuturnya.


Ia mengingatkan, bahwa kehidupan ini bagaikan pendulum yang jika dijentikkan dikedua sisinya akan saling tarik menarik dan mengayun kearah yang silih berganti saling berlawanan. Demikian sikap keberagamaan, ia meminta jajarannya untuk mampu mempertahankan nilai-nilai agama yang senantiasa dipegang teguh sembari berkembang secara intelektualitas dalam bekerja maupun dalam merespon perkembangan zaman.


“Kalaulah hari ini kita bekerja pada ruang-ruang yang selalu harus diupdate, juklak dan juknis selaluh berubah, semuanya harus berubah, tentunya kita harus mengupdate diri kita terhadap sesuatu yang baru, tapi jangan lupa bahwa ada hal yang fundamental yang harus tetap kita jaga,” tandasnya.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 04-04-2024 Jam: 10:05:04 | dilihat: 107 kali