STUDENT MOBILITY PASCASARJANA UIN MATARAM KE UNIMAS DAN UITM SERAWAK



(eserta Student Mobility Pascasarjana Uin Mataram)

Mataram -- Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram melaksanakan kegiatan student mobiliti dengan tujuan Universiti Malaysia Serawak (UNIMAS) dan Universiti Teknologi MARA Malaysia (UiTM) Serawak, 6-8 Mei 2024.


Kegiatan diikuti oleh sepuluh orang peserta, yang terdiri dari dua orang dosen, yaitu Dr. Bq. Ratna Mulhimmah, M.H., Ketua Program Studi Magister Ekonomi Syariah (ES), sekaligus sebagai koordinator dan Dr. Abdul Rasyid Ridho, M.A., Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Qur’an dan Tafsir (IQT).

Sementara dari unsur mahasiswa berasal dari Program Doktor Hukum Keluarga Islam sebanyak dua orang, Program Magister Hukum Keluarga sejumlah dua orang, Program Magister Ekonomi Syariah dua orang dan Program Magister Ilmu Qur’an dan Tafsir dua orang.


Kegiatan student mobility meliputi beberapa tahapan. Pada hari pertama, Senin, 6 Mei 2024, kegiatan mencakup public lecture dan studium generale. Dalam kesempatan itu, pimpinan perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu Universiti Malaysia Serawak (UNIMAS), UIN Mataram, IAIN Pontianak dan IAIN Ponorogo, mendiskusikan isu besar yang diangkat kegiatan, yakni “Knowledge and Society: Student-Lecturer Partnership in Disseminating Research Output in Indonesia-Malaysia Border”. 


Ketua rombongan Pascasarjana UIN Mataram Dr. Bq. Ratna Mulhimah, M.H., mewakli Rektor UIN Mataram, dalam paparannya pada sesi keynote speech menekankan pentingnya kerjasama riset dan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan. Indonesia dan Malaysia adalah negara tetangga dan satu rumpun sehingga memiliki beberapa persamaan baik secara sosio-kultural dan keagamaan sehingga memudahkan bersinergi membangun kerjasama antar perguruan tinggi dan pengembangan masyarakat.


Sementara itu hari kedua kegiatan berfokus kepada seminar dalam rangka menyebarluaskan hasil penelitian. Setiap peserta student mobility wajib mempresentasikan hasil riset mereka yang mutakhir tentang berbagai isu seperti pendidikan, agama, ekonomi dan budaya. Pada hari kedua ini, peserta terbagi ke dalam dua kelompok seminar. Mahasiswa program studi ekonomi mengikuti seminar di UiTM dan selainnya bergabung dengan konferensi di UNIMAS.


Pembagian kelompok berlanjut sampai pada hari ketiga dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Kelompok UNIMAS melaksanakan pengabdian di Madrasah Ibtidaiyah dan Tadika Jaya karena sebagain besar peserta dari program studi pendidikan dan yang relevan. Di UiTM, pengabdian dipustkan di Majis Jami setempat. Selain mengajar, peserta program akan terlibat dalam pengayaan wawasan tentang keagamaan dan pengelolaan lembaga pendidikan.


Diharapkan kegiatan student mobility akan meningkatkan kesepahaman dan kolaborasi akademik, publikasi dan pengabdian civitas akademika Pascasarjana UIN Mataram, sebagai bentuk realisasi kerja sama / MOU yang telah ditandatangani antara UIN Mataram, UNIMAS dan UiTM. Kegiatan ini direncanakan untuk dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 08-05-2024 Jam: 03:15:48 | dilihat: 50 kali