USAID HEPI Gandeng UIN Alauddin Makassar, Penuhi Standar Internasional Prodi STEM



(USAID Higher Education Partnership Initiative (HEPI))

UIN Alauddin Online - USAID Higher Education Partnership Initiative (HEPI) menggandeng UIN Alauddin Makassar meningkatkan Prodi yang terkait dengan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) pada Fakultas Sains dan Teknologi untuk memenuhi standar internasional.

Projek ini bermitra USAID HEPI dengan Arizona State University memperkuat kemitraan antara institusi Amerika Serikat dan Indonesia untuk meningkatkan Prodi STEM di 16 perguruan tinggi di Indonesia.


Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, Ar. Fahmyddin A'raaf Tauhid, ST., M. Arch., Ph.D., IAI menyambut baik kerja sama tersebut. 


Dia mengatakan, kerja sama dengan Arizona University melalui USAID HEPI merupakan bagian dari penguatan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Termasuk, kata mantan Ketua Prodi Teknik Arsitektur ini, penguatan kurikulum standar internasional dengan Prodi STEM. 

Selain itu, tambah eks Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia Sulawesi Selatan ini, kolaborasi ini juga untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dunia industri.


“Sejumlah Prodi di FST mau berencana standar internasional, mereka akan membantu secara substansi, konsultan, funding, saling membantu kurikulum,” kata Fahmyddin, Kamis (14/3/2024).

Sementara itu, Country Director USAID HEPI Dr Abdul Rahman mengatakan pada 2027, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan 4.000 siswa dan remaja untuk menerapkan keterampilan non teknis (soft skills) dalam pembelajaran berbasis proyek.


Kemudian meningkatkan jumlah program STEM yang memenuhi standar akreditasi internasional dan meningkatkan jumlah siswa/i yang memanfaatkan jalur pendidikan untuk mendapatkan pendidikan kelas dunia.

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 19-03-2024 Jam: 00:50:20 | dilihat: 78 kali