Dari University of Queensland untuk PTKI




Brisbane (16/10). Hari pertama di University of Queensland, Duta Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang menjadi peserta Peningkatan Kompetensi Pustakawan (DELSMA 2015) dan Perwakilan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam mendapat sambutan hangat dari Pengelola Institute of Continuing & Tesol Education University of Queensland (ICTE-UQ), Brisbane Australia.

Pada hari ini pula, peserta DELSMA 2015 dan Perwakilan DIKTIS mendapatkan materi tentang Website Perpustakaan University of Queensland, baik sumber atau pusat informasi, teknis penelusuran data, dan sistem layanan perpustakaan digital dan self service sebagai pengenalan awal tentang perpustakaan. Materi ini disampaikan oleh Ms. Linda Glasson secara umum. Menurutnya, sistem perpustakaan di University of Queensland sudah terintegrasi dengan baik, bahkan seluruhnya bersifat digital. Layanannyapun bersifat self service dan bisa dilakukan selama 24 jam penuh. Untuk menunjang pelayanan yang diberikan, pihak kampus memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung perpustakaan tersebut. Baik dari manajemen pengelolaannya, interior dan aksesoris ruangannya, bahkan inovasi dan kreatifitasnya untuk menarik minat dan interes mahasiswa agar selalu berkunjung ke perpustakaan.

Bahkan untuk membuktikan paparannya, Ms. Linda tidak cukup hanya dengan materi tatap muka. Peserta DELSMA 2015 dan Perwakilan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam juga diajak untuk studi lapangan, observasi, menelusuri gedung demi gedung, dan ruang-demi ruang perpustakaan. Harapannya, peserta dapat terinspirasi untuk pengembangan perpustakaan PTKI ke depan dengan sistem dan manajemen yang tidak jauh berbeda dengan yang sudah ada di University of Queensland ini. [Rafiq]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 16-10-2015 Jam: 22:27:29 | dilihat: 660 kali