Direktur Diktis: “Kerjasama Perguruan Tinggi itu harus sekufu”




Direktur Diktis: “Kerjasama Perguruan Tinggi itu harus sekufu”

Begitulah pernyataan yang disampaikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA ketika memberikan arahan dan sambutan dalam pertermuan “International Partnership Program” yang dihadiri oleh para Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Bidang Kerjasama atau Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di Hotel Grand Tjokro Jakarta pada hari Jum’at tanggal 16 Oktober 2015. Makanya dalam melakukan kerjasama harus sekufu (sejajar) dan mutual benefit dengan lembaga atau intansi perguruan tinggi di luar negeri, tambah Prof. Amsal. Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Mastuki, M.Ag Kasubdit Kelembagaan di dalam acara pembukaan bahwa pengiriman dosen ke luar negeri dalam program 5000 Doktor harus ke perguruan tinggi yang bonafit dan terakreditasi.

Prof. Amsal mengharapkan agar kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) lebih ditingkatkan sesuai dengan amanat Permendikbud No. 14 tahun 2014 tentang Kerjasama Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Pada pertemuan Interntional Partnership tersebut menghadirkan nara sumber para alumni luar negeri ; Asia, Amerika, Eropa, Australia dan Timur Tengah memetakan kerjasama kedepan dengan lembaga atau perguruan tinggi luar negeri dalam rangka memperluas kerjasama internasional Direktorat Pendidikan Tinggi Islam untuk pengembangan PTKI serta mendukung program 5000 Doktor. Kerjasama tersebut juga akan mendukung semua program yang ada di semua Subdit yang ada pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dalam tukar menukar beasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat, jurnal, penguatan akademik, penguatan SDM dan lain sebagainya.

Di akhir pertemuan yang dipimpin oleh Biltiser Bachtiar, Lc. MA Kasi Kerjasama Subdit Kelembagaan Diktis menghasilkan kesepakatan bahwa di tahun 2016 , Direktorat Pendidikan Tinggi Islam bersama pimpinan UIN akan mengadakan international exposure atau promosi PTKI ke Eropa dan Asia Tengah dengan tujuan untuk menarik mahasiswa asing sebanyak-banyaknya studi ke Indonesia dalam menuju World Class University (WCU), kata Dr. Agus Maimun Warek III UIN Malang yang juga sebagai Ketua Forum Warek Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan. (BB)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 20-10-2015 Jam: 11:01:05 | dilihat: 898 kali