Jurnal Ilmiah Bidang Hukum Milik PTKIN Merajai di Tingkat Asia Berdasarkan Perangkingan Scimago



(Jurnal Ahkam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta peringkat pertama perangkingan Scimago)

Arina.id ~ Scimago Journal Rangkings baru saja mengeluarkan ranking jurnal-jurnal hukum untuk wilayah Asia tahun 2023.


Berdasarkan perangkingan tersebut, jurnal ilmiah di bidang hukum Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) merajai di tingkat Asia. 


Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kementerian Agama, Ahmad Zainul Hamdi mengungkapkan ada 6 jurnal PTKIN yang nangkring di 10 besar.


"Bahkan 5 besar jurnal hukum di Asia berasal dari PTKIN," ungkapnya, Senin (15/4/2024).


Berikut ini adalah nama jurnal, asal PTKIN pengelola, peringkat dan nilai SJR keenam jurnal tersebut :


(1) Ahkam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, peringkat pertama, Q1, dengan SJR 0.680, (2) Ijtihad, UIN Salatiga, peringkat kedua, Q1, dengan SJR 0.535, (3) Juris,UIN Mahmud Yunus Batusangkar, peringkat ketiga, Q1, dengan SJR 0.510, (4) Samarah, UIN Arraniry Aceh, peringkat keempat, Q1, dengan SJR 0.484, (5) Al-Ihkam, IAIN Madura, peringkat kelima, Q1, dengan SJR 0.474, (6) Al-Istinbath, IAIN Curup, peringkat ke-9, Q1, dengan SJR 0.348.


Data tersebut juga dapat diakses melalui situs web www.scimagojr.com


Sementara itu Scimago Lab adalah organisasi yang beroperasi secara independen dari afiliasi atau pengaruh politik apa pun.


"Komitmen inti kami adalah menyediakan penelitian khusus di bidang scientometri, penerbitan ilmiah, dan dampak sosial," demikian tertulis dalam situs web resmi Scimago.


Kolaborasi, kemitraan, dan aktivitas Scimago semata-mata dipandu oleh kompromi untuk menciptakan sikap objektif dan inklusif terhadap data, dan afiliasi negara. 


Scimago menyatakan tetap teguh untuk memberikan kontribusi positif pada bidangnya dan melayani komunitas tanpa bias atau memihak. Scimago mendukung perdamaian dan menentang perang apa pun, karena keduanya adalah basis pengembangan pengetahuan apa pun. 

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 18-04-2024 Jam: 03:03:06 | dilihat: 80 kali