Laporan SCCO : Membongkar Mindset PAR di PRIA Academy India




(New Delhi) Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam kembali menyelenggarakan Short Course Community Outreach (SCCO) di New Delhi, India. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini dikemas sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya program SCCO berkolaborasi dengan beberapa Perguruan Tinggi di luar negeri, kali ini fokus menggandeng Participatory Research in Asia (PRIA) Academy, India.

Kepala seksi Pengabdian Masyarakat Diktis, Aan Dania Muhlis, menyatakan alsan pemilihan PRIA Academy adalah karena reputasinya sudah cukup dikenal. ”PRIA Academy ini lembaga ternama yang memiliki kantor di 8 negara dan jaringan lebih dari 3000 Lembaga Swadaya Masyarakat di dunia.” Ujarnya. Di PRIA Academy, peserta akan dibekali metode Participatory Action Research selama lebih kurang 1 bulan.

Hari pertama pelaksanaan SCCO diisi dengan Introduction and Welcome oleh Dr. Rojesh Tandon, founder PRIA Academy. Tandon membuka acara dengan learning agenda yang terkait dengan materi in house training. Materi yang akan disajikan selama program diantaranya terdiri dari; participatory research, community engagement, women empowerment, rural development (agriculture, animal husbandry), and environment climate.

Rajesh Tandon tidak hanya membuka sesi pertama training namun juga menyampaikan materi tentang hubungan antara pendidikan tinggi dengan tri dharma perguruan tinggi, khususnya pengabdian masyarakat. Peserta SCCO yang berasal dari para Dosen dan peneliti dari berbagai PTKI di Indonesia tersebut mendapat pencerahan mendalam tentang teaching, research, dan service.

Usai pemaparan sesi pertama, para peserta SCCO diajak berkunjung ke salah satu wisata herritage di New Delhi India yaitu Qutab Minar. Bangunan Qutab Minar ini didirikan oleh Qutabuddin Aibak pada era 1193 M. Konon bangunan tersebut dikenal sebagai kerajaan Islam pertama di New Delhi, India. Kegiatan hari pertama ditutup dengan mengunjungi salah satu taman terkenal di India yaitu The Garden of Five Senses. (Mashud Sas)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 21-11-2016 Jam: 08:27:39 | dilihat: 1007 kali