Menghadiri Frankfurt Book fair 2015: Momentum Berharga Bagi Duta PTKI




Jerman (10/2015) Ada dua momen akademik yang sangat berharga dan tak terlupakan ketika pertama kali Tim ARFI German satu minggu kedatangan di Frankfurt. Tanggal 12 – 13 Oktober 2015 adalah Indonesia Seminar International di Campus Westend Goethe University. Seminar international ini bertema ; 70 Years of Textual Production in Indonesia; Cultural Tradition Informing Modren Production.

Banyak tokoh tokoh penting yang hadir baik dari Indonesia seperti Menteri, Dubes Indonesia jerman untuk Indonesia. Perwakilan Dubes Indonesia untuk Belanda dan ilmuan dari penjuru dunia hadir di acara ini. Acara pembukaan di sajikan pementasan seni dengan tema Servants of words yang ditampilakan oleh para akademik dan seniman handal Indonesia seperti; Jennifer Lindsay, Elisabeth Inandiak, Christina Schott, Lindsay Christina, Tomi dan Landung Simatupang serta artis dan musisi serba bisa Endah Laras. Penampilan telah memukau seluruh peserta yang penuh di ruang Campus ini. Menghipnotis para ilmuan dunia akan keindahan dunia.

Pengalaman akademik sudah didirasakan oleh para dosen dosen peserta ARFI dengan mengikuti seminar dengan topic-topik Indonesia terkini yang terkait dengan pendidikan dan dakwah, gender, film, sejarah dan isu isu sosial yang di sajikan dalam seminar selama dua hari itu. Sebuah pengalaman yang sangat berharga ketika kami dapat berpartisipasi di acara ini. Peran serta kami di acara ini tak terlepas dari bimbingan arahan Prof Arndt Graf selaku pembimbing selama kegiatan ARFI di Goethe University.

Dan tak kalah serunya adalah ketika kesebelas peserta dapat kesempatan menghadiri Frankfurt Book fair 2015 yang merupakan salah pemeran yang terbesar di dunia. Seabuah kesempatan dan moment yang tak kalah pentingnya karena disini bertemu semua penerbit, penulis, dan pengusaha dan perusahaan percetakan dunia berkumpul di festival ini. Ini juga merupakan arahan dan bimbingan Prof Graf sehingga kami mendapat kesempatan ini.

Peluang dan kesempatan ini tidak dilewatkan dengan mengunjungi stand buku Indonesia dan Pavilion Indonesia yang menjadi host di Frankfurt Tahun ini dengan tema 17.000 islands of Imagination (17.000 Inseln Der Imagination). Pesona Indonesia menggema di Frankfurt book Fair 2015. Iklan iklan tentang Indonesia menyebar di penjuru kota Frankfurt. Senang dan bangga bercampur karena kita dari Indonesia. [IS]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 20-10-2015 Jam: 16:57:04 | dilihat: 630 kali