Mari Meriahkan Semarak Pemilihan Dosen Teladan 2015!




Jakarta (26/10). Tahun ini, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam memiliki program unggulan, yaitu Pemilihan Dosen Teladan Nasional PTKI 2015, yang akan dikomando oleh Drs. HM. Nur Yasin, M.Pd., Kepala Seksi pada Subdit Ketenagaan.

Sebagai panduan untuk kegiatan ini, Direktorat telah meluncurkan Petunjuk Teknis (Juknis) perihal Pemilihan Dosen Teladan Nasional PTKI 2015 ini, dan telah dipublish dalam Pengumuman pada laman diktis.kemenag.go.id (19/10/2015)

Untuk mensukseskan program ini, Nur Yasin berharap agar para rektor dan ketua PTKI, mengikuti Juknis tersebut dan melakukan seleksi di tingkat lokal/perguruan tinggi masing-masing. Nantinya, nominator di perguruan tinggi, dapat diusulkan ke Direktorat Pendidikan Tinggi Islam paling lambat tanggal 31 Oktober 2015.

Apabila mengacu kepada Juknis yang sudah di publish, maka terdapat empat tujuan dari program ini, yaitu: untuk memberi pengakuan kepada dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang hasilnya dapat dibanggakan dan memiliki nilai tepat guna; Untuk meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan civitas akademika untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi; Untuk menciptakan suasana akademik yang mengarah kepada terwujudnya kepribadian ilmuan yang terpuji dan semangat pengabdian dan dedikasi di bidang pendidikan tinggi; dan terakhir, adalah untuk menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen terhadap profesinya. Tegas Nur Yasin.

Pemilihan dosen teladan ini akan diseleksi melalui audisi dan wawancara oleh tim ahli, yang terdiri dari Guru Besar dan Tenaga Profesional. Mereka akan dipilih dan ditunjuk oleh Direktur melalui Surat Keputusan yang akan dibuat kemudian.

Nantinya, para nominator dan dosen terpilih akan mendapatkan apresiasi khusus dari direktorat. Mereka akan mendapatkan reward “Peningkatan Kompetensi Dosen” untuk melakukan kunjungan dan studi banding ke Luar Negeri. Anggarannya sudah disiapkan, tinggal digelontorkan setelah nama-nama nominator terpilih.

Sebagai program perdana dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, maka seluruh civitas akademika perguruan tinggi hendaknya turut serta memeriahkan program tersebut dengan mengirim calon dosen terpilih dari tiga kategori, Islamic Studies, Sosial humaniora, dan Science/eksakta, sehingga program ini bisa berkelanjutan dan lebih semarak pada acara puncak Penganugerahan Apresiasi Pendidikan Islam, yang akan dilaksanakan tanggal 13 Nopember 2015. [Rafiq]

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 26-10-2015 Jam: 09:44:55 | dilihat: 1126 kali